Pesan Barang dari Luar Negeri, Sebuah Penyesalan

Tertarik Harga Diskon

Menjelang natal tahun 2010 saat iseng browsing ke situs chainreactioncycles.com (CRC) hati kecil gue tertarik dengan harga sebuah gloves MTB  merek Royal seri Pro dibandrol cuma seharga USD 15.70 dan sebuah pant dengan merek yang sama seri Attire race dengan harga sesudah diskon USD 47.15. Biaya pengiriman dengan menggunakan jasa Royal Mail (sejenis kantor pos di Inggris) jenis yang paling murah seharga USD 15.4. Jadi total yang harus gue bayar adalah USD 78.25. Setelah mencoba mengkonversi ke dalam rupiah dan hitung punya hitung maka gue memutuskan untuk memesan barang tersebut.

Ini adalah pengalaman pertama gue memberanikan diri membeli barang melalui online store. Sebelumnya gue hanya pernah nitip teman yang kebetulan juga sedang memesan barang. Ketika barang sampai maka gue langsung bayar cash ke teman gue tadi seharga barang yang gue pesan ditambah setengah dari ongkos kirim.

Konfirmasi melalui email dari CRC gue terima tanggal 28 Desember yang memberitahukan bahwa status barang gue sudah dispatch dan menurut pengalaman pesan barang dari toko yang sama melalui teman gue tadi maka gue perkirakan barang akan sampai di Jakarta sekitar minggu ke-3 bulan Januari 2011.

Masa Penantian

Bulan Januari 2011 sudah hampir habis namun pesanan gue belum juga kunjung tiba. Tagihan di kartu kredit juga atas pesanan barang gue sebesar hampir 725 ribu pun sudah nongol dan lunas gue bayar. Bulan demi bulan telah berganti, Februari, Maret, April namun barang tidak juga datang.  Di bulan Maret gue coba cek ulang data alamat pengiriman dan nomer telepon kantor pada pada halaman user profile CRC. Semuanya sudah benar kok. Dalam hati gue yakin barang pesanan gue sudah tiba di Indonesia dan gue menduga bahwa ada yang tidak beres dalam proses pengiriman ke alamat kantor.

Di bulan yang sama gue juga pernah mengirimkan email ke customer servicenya CRC dan saat itu mereka bersedia mengirimkan barang yang sama sebagai pengganti. Lumayan senang juga gue atas pelayanan toko online ini namun dalam hati gak terlalu berharap banyak mengingat pokok permasalahan terletak pada masalah pendistribusian di Jakarta.

Kalau mengacu pada pengalaman teman saat memesan barang di CRC, waktu itu barang yang kita pesan langsung dikirim oleh pak pos ke alamat rumah. Sama sekali tidak ada menerima telepon dari kantor pos untuk membayar pajak impor. OK lah misalnya barang yang gue pesan harus ada pajak yang harus gue bayar tapi tidak ada yang pernah menelepon gue memberitahukan nilai pajaknya ataupun dimana harus gue bayar pajak tersebut. Atau mungkin bisa juga mereka sudah pernah telepon namun saat itu gue sedang tidak ada di meja kantor. Yaaa sudah laaah …. gue udah rela kok uang 725 rb melayang dengan percuma. Lagian juga gak baik berpersangka buruk.

Titik Cerah

Berawal saat gue sedang menunggu mobil yang sedang di service di awal bulan Mei 2011, iseng-iseng gue mampir ke Customer Service kantor pos Tendean. Awalnya sekedar ingin tahu work-flow dari sebuah barang yang datang sampai dengan tiba di alamat pengiriman. Ahirnya gue cerita tentang pengalaman pemesanan gue tadi. Petugas Customer Service menyarankan gue untuk melacaknya mulai dari Kantor Pos Besar Jakarta Selatan di Jl. Fatmawati.

Setelah sedikit mengerti work-flownya, gue lebih suka untuk mulai pelacakan dari kantor Pos Besar Pasar Baru ketimbang Fatmawati mengingat semua barang yang tiba pasti akan diperiksa oleh petugas bea cukai di kantor Pasar Baru. Melalui petugas Customer Service yang ramah gue mendapatkan sebuah nama yang sangat mungkin bisa membantu gue mencari barang pesanan yang sudah 5 bulan tidak kunjung tiba :-)

Nama petugas tadi (sebut saja pak X) bertugas pada bagian pencatatan semua barang-barang kiriman dari luar negeri yang masuk. Proses pencarian makin memberikan harapan karena pak X berkomitmen untuk membantu dengan memberikan gue setumpuk buka besar catatan semua barang yang masuk. Untuk memperkecil ruang pencarian gue hanya meminjam buku yang mencatat barang yang tiba sekitar tanggal 25 Januari 2011 s/d yang terahir.  Lucu juga sih, pencarian ini benar-benar manual dimana gue harus membolak balik halaman demi halaman mencari nama dan barang yang gue pesan. Melalui buku ini pula gue menemukan beberapa nama artis top Indonesia yang hobby pesan-pesan pakaian dari luar negeri kekekekekekeke.

Sesudah menamatkan 3 buah buku besar nama yang gue cari tidak juga ditemukan. Dari penjelasan seorang petugas lain ahirnya gue mengetahui ada 2 jenis tipe pengiriman barang dari luar negeri, yang pertama yang berupa bungkusan individu dan yang kedua berupa barang bungkusan rombongan. Mungkin ini tergatung dari tipe dan harga biaya pengiriman yang digunakan oleh si pemesan barang. Nah ahirnya gue dipinjami  2 buah buku besar lain karena menurut petugas tadi barang yang dikirim melalui Royal Mail masuk kategori barang bungkusan yang rombongan tadi. Capeeeee Deeeeee.

Sebetulnya proses di kantor pos ini bukannya 100% manual. Objektif dari proses pencarian yang gue lakukan tadi adalah jika sudah menemukan nama gue maka gue harus mencatat semacam nomer registrasi yang tertera atas barang pesanan gue tadi. Kemudian dengan nomer tersebut akan dicari melalui komputer posisi terahir dari barang gue tadi. Alhamdulillah barang yang gue cari memang benar sudah datang di Jakarta bahkan sudah sedari 3 bulan yang lalu hueheheheehe. Menurut data dikomputer barang tersebut sekarang berada di kantor pos Fatmawati. Gue kemudian diberi secarcik keras bertuliskan kode lain yang bisa gue bawa kesana untuk memudahkan proses pencarian disana.

Titik Cerah Kembali Buram

Dari Pasar Baru gue langsung menuju kantor pos Fatmawati, namun gue gak berhasil menemui petugas yang menangani kiriman bungkusan karena yang bersangkutan sudah pulang. Doooooh sia-sia dech, mana sepanjang jalan menuju Fatmawati macet. Hari berikutnya saat jam makan siang gue bela-belain pergi ke Fatmawati lagi dan ahirnya gue berhasil menemui petugas yang dimaksud. Setelah memberikan kode yang gue dapat dari kantor pos Pasar baru, disini kembali gue harus membuka-buka beberapa buku untuk mencari keberadaan barang gue.

Gue ingat benar saat SD di majalah Bobo ada cerita bergambar berjudul Deni Manusia Ikan dmana diceritakan proses yang panjang pencarian orang tuanya yang terpisah saat Deni masih bayi. Setiap nyaris bertemu selalu saja ada halangan. Kurang lebih seperti inilah proses pencarian barang pesanan gue ini. Hasil pencarian gue di Fatmawati hanya memberikan informasi bahwa barang gue ternyata sudah dikirim balik ke kantor pos Pasar Baru karena sudah melebihi masa tenggang selama 3 bulan di kantor pos Fatmawati. Petugas di Fatmawati tadi berjanji akan membantu meminta kembali barang tersebut ke Fatmawati dan berjanji pula akan menelepon gue jika barang benar-benar sudah tiba.

Ahir Perjuangan

Setelah hampir seminggu menunggu, ahirnya telepon dari petugas kantor pos Fatmawati datang juga memberitahukan bahwa barang sudah bisa diambil disana. Segera gue menyempatkan diri untuk pergi Fatmawati. Sesampai disana diberitahukan bahwa ada pajak import barang sebesar 101 rb-an yang harus gue bayar. Perincian biaya tersebut adalah sebagai berikut;

Toyal biaya termasuk asuransi dan pengiriman (CIF) = GBP 50.82 (nilai asli dari CRC yang equivalen dgn USD 78.25)

C = Cost (harga barang); I = Insurance dan F = Freight (ongkos kirim)

Exchange rate untuk menghitung pajak adalah 1 USD = Rp. 9060, Sehingga nilai CIF barang gue menjadi USD 79.93 (muter-muter kan???)

Nah Bea Masuk rumusnya itu adalah (CIF – USD 50) x tarif beas masuk (utk bahan garmen katanya sih 15%) =  (USD 79.93 – USD 50)  x 15% = USD 4.48 = Rp. 40,675

Nah kemudian harus bayar PPN yang rumusnya [(CIF - USD 50) + Bea Masuk] x 10% = (USD 29.93 + USD 4.48) x 10% = USD 3.44 = Rp. 31,184

Nah kemudian harus bayar juga PPh yang rumusnya [(CIF - USD 50) + Bea Masuk] x 7.5% = Rp. 23,388.

Jadi total bea masuk dan pajak-pajakan = 40,675 + 31,184 + 23,388 = Rp. 95,247

Tapi kalau ahirnya yang harus dibayar 101 ribuan gue gak begitu ingat uang apalagi yang gue bayarkan huehehehehehe.

Kapok

Menilik total uang yang harus gue keluarkan (termasuk didalamnya uang taksi bolak-balik ke kantor pos) hampir lebih dari 900 rb-an (belum termasuk waktu yang dihabiskan untuk mengurusi ini semua) kok malah lebih mahal ya ketimbang jika membeli barang yang sama di forum sepeda di Indonesia  huehehehehehe.

Yang membuat jadi terkesan mahal karena bea masuk dan pajak-pajak tadi. Kasus teman gue dimana dia sama sekali tidak ditagih membuat gue berkesimpulan bahwa *mungkin* kena atau tidak pajak sangat bergantung dari proses scanning yang dilakukan petugas Bea Cukai di kantor pos Pasar Baru. Mungkin untuk kasus teman gue tadi petugasnya lagi ngantuk :-)

38 comments on “Pesan Barang dari Luar Negeri, Sebuah Penyesalan

  1. eddy says:

    Sungguh sangat menarik pengalaman abang, jadi mikir2 juga kalau mau beli barang online, kemarin mau beli iPhone 4 online yang iklannya murah2 jadi saya batalkan karena banyaknya pengalaman buruk, saya lebih milih beli cash aja dah hehe ..
    Yang jadi pertanyaan saya, kenapa barang abang tidak terkirim dan ngendon di kantor pos ? apa alasan mereka ?

  2. jashujan says:

    Thanks om Eddy sudah mampir kesini.
    Gue sih tetap berpikiran positif, mencoba menduga bahwa mungkin saja petugas kantor Pos sudah pernah mencoba menelpon nomer kantor namun mungkin pas gue gak ada ditempat.

  3. eddy says:

    atau memang sengaja tidak ngabarin ?
    pengalaman saya bawa barang pindahan dari Jerman, juga bermasalah di bea cukai, peraturannya sih barang pindahan yang telah dilegalisir KBRI tidak kena pajak masuk, tetapi di kantor bea cukai mau dipajakin, saya protes .. mereka belagak tidak tahu, baru setelah saya tunjukan surat edaran deplu atau apa gitu baru diloloskan, sebelnya pakai sok belagak kalau itu dispensasi dan atas kebaikannya dan minta oleh2 !, untung sebelumnya saya sudah dapat info dari temen jadi sudah siap … hehe

  4. novz says:

    waaaaahhhhh… aku terlambat membaca post ini hiks..hiks..hiks..
    sudah terlanjur beli online dan katanya barang sedang dikirim…:(
    bakal kena ratusan ribu nih buat pajak doang…:(
    apalagi alamat di sby makin nggak jelas barangnya bakalan nyampe ato semakin nyasar hiks..

    • jashujan says:

      Semoga kiriman barangnya cepat sampe om Novz.

      Untuk kasus gue diatas, kalau saat pesan barang gue pilih kurir dengan ongkos kirim yang lebih mahal semisal DHL, Fedex mungkin dapat memecahkan masalah barang nyasar karena biasanya mereka kasih fasilitas tracking. Sedangkan kalau masalah pajak bea masuk maka sebagai warga negara yang baik sepertinya kita memang sudah harus menyiapkan uang lebih untuk bayar pajak tsb.

      Inti tulisan ini sebetulnya bukan untuk menakut-nakuti rekan-rekan untuk belanja online dari luar negeri hehehehehe. Opsi utk pesan barang dari LN sepertinya opsi terahir jika barang tersebut memang benar-benar tidak ada yg jual di Indonesia.

  5. prita says:

    Gue mengalami kejadian yang sama nih. kebetulan alamat pengiriman gue juga ada di Jaksel jadi gue mau cek ke Kantor pos Fatmawati. Boleh gak gue minta informasi soal nama orang yang bisa bantuin gue untuk cek barang gue. soalnya gue ga dikasih tau kalau barang gue dikirim tanpa no. resi jadi pas gue nelpon orang kantor posnya ga bisa nolongin. siapa tau kalau gue tau nama orang yang bisa nolongin gue bisa kesana dan langsung cek. mumpung belum lama kejadiannya.

    Thanks

    • jashujan says:

      Wadooooh dah lupaa euy nama petugasnya. Pokoknya di kantor pos Fatmawati langsung masuk ke belakang gedung. Jadi sisi kanan gedung ada jalan menuju mesjid sekaligus arah menuju belakang kantor pos tsb. Tanya aja bagian kiriman parcel/barang.

  6. prita says:

    thanks a lot

  7. chakra says:

    mewek gwe.. hiks… barang gw ga sampe2 pake Royal mail.. nanya sama orang kantor pos, malah suruh tulis nama +telp… masalahny kapan gw ditelp???????????????? padahal seller dari UK sudah ngabarin barang ke Indo sudah sampai sejak bulan yang lalu.. akankah barang gw sampe?? atao hanya penantian yg tak berujung…

    • jashujan says:

      Hi Bro/Sist Chakra, Coba dibaca pelan-pelan tulisan diatas dech, semoga barangnya masih ada.
      Hints : step pertama datang ke customer service kantor pos pasar Baru ceritain masalahnya.

  8. prita says:

    @chakra: tenang prosedurnya emang gitu. Nanti pasti di telpon kok. Gue udah dapet bareng gue juga soalnya.

  9. Rezha says:

    Salam kenal.. Saya numpang tanya jg.. Tgl 18 Juli 2012 ini saya jg beli Dr CRC.. sampe skrg brg blm dtg.. Posisi saya di surabaya, saya inputkan jg no HP sampe skrg jg blm ada telp konfirmasi.. Semisal memang brg saya tdk dtg, menurut informasi dr bro nie, CRC bs mengganti, stepnya gmn & apakah pengiriman brg pengganti memakai royal mail ato yg lain..? Apakah brg ke Surabaya jg saya cek ke kantor pos pasar baru jg ya..?
    Mohon pencerahan.. Thanks

    • jashujan says:

      Hi Rezha, iya CRC lumayan professional dan baik hati. Tapi waktu itu kebetulan gue gak meneruskan usaha proses replacement/refund karena udah keburu ada tanda-tanda barang hampir ketemu.

      Setpnya silahkan hubungi ajah via email ke Shipping@chainreactioncycles.com

      Kalau utk Surabaya Imo harus ceknya ke kantor Pos Besar Surabaya dech … Karena barang udah masuk Indonesia maka dari Pasar Baru pasti udah langsung dikirim kota tujuan.

  10. Ailtje says:

    saya termasuk yang hobi belanja online, biasanya dari Amazon. Kalau belanjanya dibawah 50USD, buku2 dikirim sampai tujuan. Kadang kalau di atas 50 USD pun bisa dikirim, janjian dulu sama bapaknya. kalau ketahan, kemungkinannya mereka coba ngirim tapi gagal. Entah rumahnya gak ketemu, atau pegawainya aja yang kurang gigih.

    Ini di kantor juga lagi nyari surat, gak ketemu, statusnya dicoba kirim tapi gagal. Kali ini entah alasan apa lagi yang akan mereka gunakan.

  11. Saraswanto says:

    Saya sering juga beli barang online tetapi lewat ebay, sering mengambil di Kantor Pos Besar di Pasar Baru Jakarta, karena kalau lewat distribusi ke kantor pos Bekasi terlalu lama untuk tiba di kantor pos Cikarang di Lippo. Karena saya menggunakan APIT (Angka Pengenal Import Terbatas), maka saya kena PPH bea masuk 2.5%, kalau tanpa APIT kena 7.5%. Kalau pajak importnya sering kali main tembak 15%, alasannya tidak tercantum klasifikasi barangnya pada HS number. Makanya sering saya argumen dgn bea cukai untuk penetatapan bea masuknya.

  12. boe says:

    weleh, telat bacanya gw. sama persis pake royal mail … ikutan cara trackingnya deh. moga-moga ketemu

  13. Tamara says:

    sy mau tanya nih.,
    bbrp wktu lalu sy membeli brg dari luar negeri, dikirim dari filipina. setelh transaksi selesai, si pengirim pun mengirimkan tracking numbernya ke saya .lalu sy cek terus setiap hari.nah saya sudah memesan barangnya dan membyr nya 14 hari yang lalu , status brg saya sudah arrived at overseas country ID , nah tapi tertera pada tanggal 14 juni. saya khawatir skali pak, karena ini sudah jauh dari tanggal 14 hmpr 2 mggu,. sy bingung apa yg terjadi dg brg psnn sy itu, apakah terthn di bea cukai atau bagaimana, Bagaimana pak, Apa yang sebaiknya saya lakukan ?
    ngmg2 apa yg hrs sy lakukan untuk mengambil brg tsb ? brgnya harus diambil atau sampai dirumah sy ?
    Terimakasih . mohon dibalas

    • jashujan says:

      Kalau dihitung sampai hari ini berarti sudah 10 hari kalender semenjak barang tiba di Indonesia.
      Afaik kalau barang yang dikirim itu bukan kategori barang terlarang, sangat kecil kemungkinan pihak Bea Cukai menahan barang tersebut.

      Apakah sudah coba melacaknya di kantor pos besar wilayah dimana mbak Tamara tinggal?

      Untuk kasus normal biasanya kita ditelp terlebih dahulu, jika ada bea yg harus dibayar biasanya sekaligus juga diinformasikan via telp. Sekali lagi itu untuk kasus yg normal lho ya :-)

      Tetap semangat ya mbak Tamara …

  14. Renata says:

    nah,,ini saya baru ngalamin,,,beli barang dari korea cmn 28rb (karena baru diskon gede) nyampe disini dapet surat cinta dari kantor pos suruh bayar 45rb untuk pengambilan barang,,,yg membuat bingung pengalaman yg lain yg beli barang ditempat yg sama ada yg langsung dikirim ke alamat tanpa ada biaya tambahan,,,ada juga yg kena 7rb, ada yg 10 rb,,,padahal barangnya sama nilainya bahkan ada yg lebih mahal,,lha kok bisa beda2 tuh gimana???hiks2,,,,ceritanya nyari diskonan malah justru ga jadi untung,,,jadi mikir2 lagi deh beli dari luar

    • jashujan says:

      Betul mbak Renata, kalau kantor pos kita memang bikin bingung. Seperti yg mbak bilang dulu teman saya juga ada yg barang pesannya langsung dikirim ke rumah tanpa biaya apapun walaupun nilai pembeliannya lebih dari USD 50.

      Dalam kasus mbak Renata dan teman-temannya dugaan saya 45rb, 7rb, dan 10 rb itu semacam biaya administrasi saja. Biasanya tertulis tuh keteranganya pada kuitansi/struk pembayarannya.

  15. hendry kurnia jati says:

    Saya mau beli macbook pro retina display dari UK, kira kira aman enggak ya mas?
    Makasih

    • jashujan says:

      Macbook Pro retina display yg 13 inch itu harganya di UK berapa utk yg 256MB? Sekitar kira-kira USD 1700 kah? Plus ongkir + pajak masuk maka total harganya bisa melambung lagi :-)

      Mendingan beli di Indonesia aja deh om …
      Di Jakarta bukannya udah banyak yang iklanin jual tipe tsb?
      Coba dech brosing ke forumnya macclubindonesia.com atau kalau mau yang pasti-pasti beli aja via http://store.apple.com/id/mac/family/macbook-pro

  16. cahyo galang says:

    hallo mas, saya galang salam kenal, mau tanya apakah dulu proxy nya itu pakai tracking number atau non-tracking number? saya juga kyknya sama nih dari inggris juga, tp bukan pakai royal mail, pakai DPD yang non-tracking number

  17. adrin says:

    Klo mau beli barang diluar sy sarankan yg lewat akun paypal pembayarannya jd seumpama barang ga datng bisa kita komplain jd kemungkinan uang kembali tp nama kita diweb storenya di black list,pembelian barang lebih dari 50 USD akan kena bea cukai,tp klo dibawah itu kita cuma kena cas packing ulang Rp.7000 di kantor pos tp klo kirim via fedex barng cepat sampai dan aman dr bea cukai sy sering beli barang di online shop hongkong sampe sekarang ga ada masalah gan =-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥=D=-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲=D=-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲

  18. Fabian says:

    Salam kenal dari Surabaya Mas,mau nanya,saya beli barang di ebay dari Inggris ,T Shirt seharga GBP 16(include ongkir),kirim pakai Express Int Postage,kena pajak ? dan sampai kurang lebih berapa minggu?
    Terima Kasih.

  19. Fabian says:

    kelupaan,saya bayar pakai paypal

  20. admin says:

    Pengalaman berbelanja diluar negri memang bukan yg pertama kali, karna sblmnya aman-aman saja dan barang datang dengan selamat.

    Namun belakangan ini, terhitung dari bulan mei-nov 2013 saya sendiri sudah kehilangan 5 item barang yg kalau ditotal nominalnya cukup lumayan…

    karena biasa berbelanja di eBay dan menggunakan opsi free shiping, barang yg dikirim tidak dilengkapi dengan trcking number sehingga tidak bisa di cek.

    Khusus barang dari china, melalui air mail bisa di cek di http://track-chinapost.com/track_chinapost.php dengan memasukkan tracking number, itupun sebatas kita tahu barang sudah keluar dari china…

    nah klo dah masuk Indonesia ceritanya udah gak tau spt gimana lagi, untuk barang yg sampai saat ini belum saya terima masih saya harapkan kedatangannya walaupun kecil kemungkinan akan sampai di tangan saya…

    Yg menjadi pertanyaan adalah, “kan barang dari china yg ga ada tracking number tuh bisa aja di tilep ama oknum pos/bea cukai” nah ini gimana yah menyikapinya?????

  21. Cakka says:

    setau saya walaupun free shipping, selalu ada tracking number nya.. kalau sudah dikirim namun hilang di Indonesia, maka bisa open case di eBay…

  22. ichootz says:

    Selamat malam, mau tanya kalo keterangan seperti ini “It’s on its way
    Your item, posted on 11/12/13 with reference RQ496941255GB has arrived in OFFICE UNKNOWN and is being processed for delivery.” Kelanjutannya bagaimana ya?
    Saya sudah email cs royal mail, katanya sudah sampai di Indonesia dr tgl 19 Des 2013. Saya call EMS pos indonesia tidak terdeteksi. Mohon pencerahannya. Trims :)

    • jashujan says:

      Kalau mbak tinggal di Jakarta, lebih baik langsung ditanyakan/dicari di Kantor Pos Besar Pasar Baru atau kantor pos besar wilayah mbak tinggal jika mbak tinggal diluar Jakarta.

      Step-stepnya seperti yang sudah saya tulis pada artikel diatas.

      Happy Tracking …

  23. anggel says:

    Mas, saya mau tanya..
    kl misalnya di hasil lacak kiriman pos tertera status barang saya sudah masuk ke EME (Airport Handling/pengerjaan Kiriman EMS yang masuk ke Bea Cukai), apakah artinya barang tersebut sudah pasti kena bea masuk y?padahal barang saya sebenarnya tidak melebihi $50..

    Terima Kasih

    • jashujan says:

      Sejauh yg gue tahu kalau nilai barangnya dibawah USD 50 harusnya sih gak kena ya. Coba silahkan perhatikan bagian rumus perhitungan pajak pada artikel di atas dech :-)

      Semoga kiriman barangnya segera sampai di rumah mbak Anggel

      • anggel says:

        ow..sebenarnya sih masih bingung sama hasil tracking nya..dari statusnya EME(airport handling) ke EMF nnt balik lagi EME(Processing document by Customs) dan sekarang EMF lg..
        lebih baik sabar menunggu aja kyknya==”

        terima kasih atas responnya..

  24. sisi says:

    malam, saya mau tanya
    kalo misalnya status barang hasil lacakan kiriman pos “airport handling”, apakah barang tersebut pasti dikenakan bea masuk?

    Terima kasih

  25. jarcox says:

    haha, jadi keingetan pas waktu itu ubuntu nawarin free CD + biaya shipping, gw coba aja subscribe, waktu itu versi yg rilis masi 8.10, gile nunggu sebulan belom nyampe, dua bulan, terus udah deh pasrah gue lupain aja lagian gue pikir gratisan ini, dan tadaa, dua tahun kemudian gue nerima paket pos dari US, bingung karena perasaan ga pernah mesen barang, pas dibuka ternyata isinya CD ubuntu 8.10 bonus stiker unyu, dan versi ubuntu yg rilis waktu itu udah 10.10, dalem ati cuma bilang ini barang udah basi :p
    mungkin permasalahan utama emang ada di kantor pos..

  26. saya juga pernah beli gloves MTB online bukan di CRC tapi di JensonUSA seharga 13.99 plus ongkir 15an dolar..
    sampai yogya (saia tinggal di yogya) pas seminggu seperti yang dijanjikan, melalui UPS dan dikenai biaya 60.000…
    sudah itu saja..kayaknya saia lebih milih jensonUSA daripada CRC..CRC mahal karena pake DHL..
    tapi makasih buat perhitungannya sangat membantu..hehe..just share..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s