Terkena Racun Sepeda

DSC_9067arJika temen-teman di SCB tahu hobby baru gue ini,  mungkin mereka akan beramai-ramai bilang ” .. kemana aja lo saat 5 tahun lalu kita main  sepeda ?” Jujur ajah saat itu memang gue sama sekali gak tertarik saat mereka setiap sarapan dan makan siang ngobrolin tentang sepeda dan pengalaman main di JPG. Bahkan dibeberapa kesempatan gue sering ngeledekin mereka “.. ngapain sih elo pada beli sepeda mahal-mahal tapi masih harus ngeluarin tenaga untuk ngegowes (genjot) …. apalagi kalau ketemu tanjakan dan gak kuat …. masih harus dituntun pula …. ”

Bulan lalu tampaknya semua berubah, virus sepeda kembali datang dan mewabah. Kali ini penyebarnya adalah teman-teman di RBS. Tidak kuasa diri ini menahan ganasnya virus ini.  Segera saja gue mencari segala jenis informasi tentang sepeda gunung (MTB) baik dari internet maupun majalah Mountain Bike Action (MBA) hasil pinjeman.

Di kepala sudah ada bayangan sepeda model apa yang hendak gue beli. Searching mulai dilakukan di sepedaku.com, kunjungan ke beberapa bengkel sepeda ataupun rumah penjualpun sudah mulai dijalankan namun hasilnya masih nihil. Sampai ahirnya di tanggal 14 Juni saat berkunjung ke bengkel sepeda Alung di daerah Narogong Bekasi gak sengaja gue melihat ada sepeda warna putih lumayan keren sedang dipajang. Hmm tampaknya udah gak kelihatan baru, namun somehow warna putihnya membuat gue terus-terusan ngelirik.

Setelah selesai menuliskan spesifikasi komponen sepeda yang hendak gue rakit, sang empunya toko langsung dengan lancarnya menghitung biayanya … twetweeeeeeeeeeewww totalnya 11, 2 juta !!!! geblek .. padahal barang yang gue pilih gak semuanya yang kualitas nomer 1 lho.  Gak mungkin lah gue ngeluarin uang sebesar itu hanya untuk sebuah ‘sepeda’.

Disaat hati sedang gundah, sepeda putih dengan frame merek United versi Radiant itu seperti melirik dan memberikan senyum manja ke gue. Langsung ajah gue tanya Alung tentang sepeda tersebut, dan dia bilang kalau sepeda putih itu milik seorang pelanggannya yang memang sengaja dititipkan di tokonya untuk dijual. Ahaaaaa kebeneran nich, gumam gue dalam hati. Alung memberikan nomer HP siempunya sepeda.

Sedikit basa-basi dan tawaran pertama gue layangkan via sms. Si empunya yang tinggal di daerah Bekasi bilang bahwa saat membangun sepeda tersebut dia menghabiskan hampir 9.5 juta dan usia sepeda ini juga belum lama danyang terpenting belum pernah ‘disiksa’. Dia mau melepas dengan harga net 6 juta. Menurut gue masih kemahalan, karena di toko BAB Slipi United Radiant dipajang dengan banderol 5,6 juta. Gue coba perhatikan lebih detail spek dari sepeda ini dan coba-coba mengingat dari versi yang gue lihat di toko BAB sekaligus membuktikan apakah harga saat membangun sepeda ini benar lebih dari 9 juta seperti yang telah dikatakan penjualnya;

Shiro di tengah hutan buatan

  • Rear shock : udah diganti dari jenis per ks-290 menjadi Airsus. Weleh keliahatan banget shock ini hanya di tempel sticker RockShox. Aslinya merek DNM A0-30RC. Tapi lumayanlah udah ada fasilitas lock-nya
  • Fork : juga udah diganti pakai merek SR Suntour. Walau sudah ditutup oleh cutting-sticker, tapi kalau dilihat dari fasilitas remore lock-outnya, kemungkinan ini adalah tipe XCR RL
  • Ban : depan belakang masih baru dengan merek Panaracer tipe Rampage 26x 2.1
  • Saddle : Specialized Sonoma 155
  • Seatpost : Thompson ini juga kelihatannya generik punya
  • Pedals : Wellgo
  • Crank : Shimano Hone
  • Shifter : Shimano Deore
  • Brake lever :  Avid Speed Dial SL
  • Handlebar : Pro FRS;  Stem : Funn model kotak
  • Brakes : Shimano Caliper LX
  • FD : Shimano Alivio
  • RD : Shimano SLX
  • Chain & Sprocket :  gak tahu nich merek dan tipe apa

Setelah hitung punya hitung dan perhatiin lebih detail lagi seluruh kondisi, maka segera gue kirim sms lanjutan untuk menawar harga sepeda ini. Alhamdulillah transaksi berjalan lancar. Malam itu juga si Shiro my lovely white-peral United Radiant langsung dibawa ke Cikarang. Racun ‘sialan’ gumamku dalam hati.


Leave a Reply

