Nonton Pre-Season LFC di Spore

Crowd

Gue memang tidak seberuntung para fans Liverpool Football Club (LFC) yang sudah pernah datang langsung ke stadiun Anfield menyaksikan langsung pertandingan Liverpool disana. Namun gue sudah sangat bersyukur karena bias hadir menyaksikan para pemain kesayangan pada pertandingan pra-season Liverpool melawan Kesebelasan Nasional Singapura di National Stadium Singapura tanggal 26 Juli 2009 kemarin.

Dengan di koordinir oleh Big-Reds, paling tidak ada lebih dari seratus orang lebih berangkat bersama dari samping Lucky Plaza dengan menggunakan 3 bis. Diluar dari rombongan ini  kami menjumpai masih banyak lagi fans Liverpool dari Indonesia saat berkumpul di depan pintu masuk stadiun mauun ketika di dalam stadiun.

Sesaat keluar dari bis rombongan kami langsung menyanyikan chant-chant LFC dengan suara lantang yang otomatis langsung menarik perhatian para fans LFC dari Negara lain. Sementara para fans yang sedang menunggu pintu stadion bagian The Kop (East Stand) dibuka berdiri mengantri dengan tenang, maka anak-anak dari Indonesia makin menunjukkan kualitas bukan hanya hanya chant-chant yang sudah dikenal luas secara Internasional namun juga dengan chants versi lokal yang beberapa diantaranya disadur dari lagu-lagu daerah macam ‘Manuk Dadali’

Tepat pukul 4 sore pintu stadion mulai dibuka. Walaupun kick-off direncanakan baru akan dilakukan jam 7 malam kami segera bergegas kami masuk ke area The Kop mencari tempat duduk dengan view terbaik. Kalau menilik kondisi dalam Stadion Nasional Singapura sepertinya tidak lebih bagus dan lebih luas daripada stadion Lebak Bulus. Area The Kop menggunakan bangku dari kayu tanpa nomer.

Setalah bertarung dengan panas hampir selama 1 jam lebih, saat yang di tunggu-tunggu tiba. Tepat jam 5.15 para pemain LFC mulai masuk lapangan dan duduk di bench. Dengan tiket seharga 88 Dollar Singapura kami di area The Kop (East Stand) hanya dapat melihat para pemain dari kejauhan. Mereka yang membeli tiket di VIP barat pasti akan puas melihat dari dekat para pemain.

Kekompakan fans LFC dari Indonesia dalam menyanyikan chants memang patut dibanggakan. Beberapa bule secara terus terang bilang minta izin bergabung dengan kami karena mereka bilang di area lain sangat sepi. Ketika kami mulai lelah karena kepanasan dan kehausan (mana air minum mineral mahal banget di dalam stadion) dan berhenti bernyanyi, bule inilah yang memanas-manasi (baca : menyindir) kami untuk tidak berhenti menyanyi. “You sing only when you win” kurang lebih begitulah nyanyiannya saat menyindir kami. Di depan Lucky Plaza

Banyaknya jumlah penonton yang hadir memang tidak membuat terisi penuh seluruh bangku. Hanya area The Kop yang memang benar-benar penuh. Namun begitu cukup untuk membuat ‘Super Wave’ yang sungguh sangat indah secara terus menerus. Bayangkan suara yang ditimbulkan oleh ribuan orang yang serentak menendang-nendang lantai sambil menunggu giliran mereka melambaikan tangan untuk membentuk gelombang.

Gue dan mungkin juga banyak lagi yang hadir disana sebenarnya mempunyai satu agenda lain  yakni memberikan ‘tekanan psikologis’ pada Xabi Alonso untuk tetap mau bermain di LFC pada musim ini. (Seperti yang sedang gencar-gencarnya diberitakan oleh media, Real Madrid saat ini kabarnya sangat bernafsu membeli Xabi). Kami ingin menunjukan kepada Xabi (dan juga seluruh pemainLFC) bahwa fans meraka bukan cuma di Liverpool dan Inggris. Masih ada jutaan orang yang tinggal ribuan kilometer dari Anfield juga mencintai mereka.


2 comments

  1. Boss , juli 2011 ini the Kop akan ke malaysia , apa ada rencana utk kesana , lihat the reds, kalo ada bisa sharing info atau pergi bareng.
    thanks

    • Rencana sih ada, bahkan udah pesen tiket pesawat hehehehehe. Cuma masalahnya belum keluar rilis resmi bakal main tanggal berapa. Tapi kemungkinan besar tangal 16 atau 17 Juli.

      Keep in touch ya .. sapa tahu bisa berangkat barang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s