Am I Morrissey Die-Hard Fans?

Hmmm well die hard fans? Kayanya sih belum sampailah ke taraf  tersebut, tapi kalau suka banget sih iya (beda banget antara cuma sekedar fans dan yang sudah masuk ke area die-hard fans hehehehe).  Morrissey salah satu dari beberapa grup musik ataupun  penyanyi dimana koleksi kaset atau CD yang gue miliki lebih dari sekedar satu atau dua buah. Kenal Morrissey juga baru di awal tahun 1996, itupun awalnya dari iseng-iseng cari musik yang (saat itu) gak terlalu mainstream namun berasal dari Inggris sampai ahirnya dengerin The Smiths dimana Morrissey sebagai vokalisnya.

Gue ingat banget  di awal tahun 1996 di Indonesia kaset morrissey yang keluar  baru album kompilasi “The Wold of Morrissey” dan album Live Concert “Beethoven Was Deaf”.  Kaset “The Wold of Morrissey”  gak tau nasibnya sekarang ada dimana, sedangkan sedangkan kaset “”Beethoven Was Deaf” yang gue beli di tanggal 9 Maret 1996 tinggal sisa kertas cover-nya doang.  Lagu “Boxer” dan “Whatever Happens, I Love You”  jadi lagu pertama yang gue hapalin liriknya setelah bersusah payah berhasil mencari lirik lagu-lagu yang ada di dalam kaset ini  di internet yang saat itu  masih lelet banget huehehehehehe.

Setelah yakin bahwa ini adalah musik yang gue sedang cari-cari dan bakalan ‘forever-green’ maka mulai saat itu gue berikrar hanya mau beli album Morrissey dalam bentuk CD yang sudah pasti akan lebih awet. Kebetulan ditahun tersebut  gue juga baru mulai kerja dan punya uang sendiri. Ada tiga toko kaset di Jakarta tempat favorit gue melakukan perburuan CD (dan CD-CD group kesukaan gue yang lain).

1. Duta Suara Sabang

2. Sarinah lantai 1

3. Aqurius Mahakam

Seingat gue album Morrissey yang keluar di Indonesia saat itu semuanya masih import dan keluarnya tidak beraturan. Misalnya di tahun 1996 yang keluar CD-nya cuma album “Viva Hate”, “Your Arsenal” dan “Bona Drag”. Sedangkan dalam format kaset album “Southpaw Grammar” adalah kaset ketiga yang gue temui sesudah “The World … ” dan “Beethoven …” . Oh iya di tahun-tahun itu pada perhelatan konser musik lokapun sudah ada satu dua grup musik yang membawakan lagu Morrissey. Glad to know that I am not alone🙂. Album pertama Morrissey  yang bertajuk “Viva Hate” yang dirilis tahun 1988 ahirnya (setelah ngirit jajan) berhasil gue beli di bulan April 1996.  Sedangkan album “Your Arsenal” dan “Vauxhall and I” udah mulai gue lihat di awal tahun 1999, namun gue baru bisa beli di awal tahun 2001.

Dalam catatan gue cuma satu kali album Morrissey yang keluar di Indonesia tidak lama setelah di luar negeri sana pertama di rilis, yakni album “Meladjusted”. Album ini resminya dirilis tanggal 11 Agustus 1997 dan gue pertama kali melihat dan langsung beli di Duta Suara pada tanggal 9 Oktober 1997. Duuuuuuh senangnya saat itu, mana lagu “Alma Matters” enak banget🙂

Full album Morrisey yang terahir “Years of Refusal” yang di rilis di bulan Februari 2009 juga sudah mulai terlihat di Sarinah di ahir tahun 2009 tapi belum sempat beli karena kok masih mahal banget ya huehehehehehe. Gue malah memilih membeli album kompilasi “Swords” yang berisi lagu-lagu dari tiga album terahir Morrissey.

Being a die-hard fans is not only about to have a full complete album collections, makanya gue gak berani bilang bahwa gue sudah masuk kedalam golongan tersebut. Dan kalaupun elo beruntung masuk kedalam golongan die-hard fans dan sekaligus  ngumpulin koleksi album, pleaaseee beli yang asli doooung jangan bajakan hehehehehe

Cheers ,

Just another Moz Militia

CD Album
Year Title Remarks
1988 Viva Hate Tanggal Beli : April 1996
Released: 14 March 1988
Labels: HMV, Sire
Formats: LP, cassette, CD
1991 Kill Uncle Tanggal Beli : 14 Maret 2001
Released: 5 March 1991
Labels: HMV, Sire
Formats: LP, cassette, CD
1992 Your Arsenal Tanggal Beli : Feb 2001 – Sarinah
Released: 27 July 1992
Labels: HMV, Sire
Formats: LP, cassette, CD
1994 Vauxhall and I Tanggal Beli : 20 Maret 2001
Released: 14 March 1994
Labels: Parlophone, Sire
Format: CD
1995 Southpaw Grammar Sempat punya versi kaset .. Tapi gak tau kemana tuh sekarang
Released: 28 August 1995
Labels: RCA Victor, Sire
Formats: CD, LP
1997 Maladjusted Tanggal Beli : 9 Oct 1997
Released: 11 August 1997
Label: Mercury
Formats: CD, LP
2004 You Are the Quarry Tanggal Beli : 5 April 2006
Released: 17 May 2004
Label: Sanctuary
Formats: CD, LP
2006 Ringleader of the Tormentors Tanggal Beli : 9 April 2010
Released: 3 April 2006
Label: Sanctuary
Formats: CD, LP, digital download
2009 Years of Refusal Belum beli hehehehehe .. Masih mahal euy  24 Apr 2011
Released: 16 February 2009
Labels: Decca, Polydor
Formats: CD, LP, DD
Live albums
Year Title Title
1993 Beethoven Was Deaf Sempat punya versi kaset .. Tapi gak tau kemana tuh sekarang
Released: 10 May 1993
Label: HMV
Format: CD
2005 Live at Earls Court Tanggal Beli : 19 April 2007
Released: 29 March 2005
Label: Sanctuary
Format: CD
Compilations
Year Title Title
1990 Bona Drag Tanggal Beli : Mei 1996
Released: 25 October 1990
Labels: HMV, Sire
Formats: LP, cassette, CD
1995 World of Morrissey Sempat punya versi kaset .. Dan kusut. Dibawain dari Spore hadiah b’day gue di December 2005 kalo gak salah
Released: 1995
Labels: Parlophone, Sire
Format: CD
1997 Suedehead: The Best of Morrissey Tanggal Beli : 25 Oct 2000
Released: 8 September 1997
Label: EMI
Format: CD
1998 My Early Burglary Years Tanggal Beli : 22 Sept 2007 – Duta Suara
Released: September 1998
Label: Reprise
Format: CD
2000 The CD Singles ’88–91′ Duuuh blom punya .. 10 CD gile ajeeee … anyway ini koleksi Single doang sih
Released: 19 June 2000
Label: EMI
Format: 10×CD single box set
The CD Singles ’91–95′ Duuuh blom punya .. 9 CD gile ajeeee … anyway ini koleksi Single doang sih
Released: 17 September 2000
Label: EMI
Format: 9×CD single box set
2001 The Best of Morrissey Kayanya belum lihat ada di toko kaset
Released: 6 November 2001
Label: Rhino
Format: CD
2008 Greatest Hits Kayanya belum lihat ada di toko kaset
Released: 11 February 2008
Label: Decca
Formats: CD, LP
2009 The HMV/Parlophone Singles ’88-’95 Kayanya belum lihat ada di toko kaset
Released: 12 October 2009
Label: EMI
Formats: CD
Swords Tanggal Beli : 24 Jul 2010 – Sarinah
Released: 26 October 2009
Label: Polydor
Formats: CD, LP
The 7″ Singles ’88–’91 Duuuh blom punya .. 10 CD gile ajeeee … anyway ini koleksi Single versi 7″ doang sih
Released: 30 November 2009
Label: EMI
Format: 10×7″ single box set
The 7″ Singles ’91–’95 Duuuh blom punya .. 9 CD gile ajeeee … anyway ini koleksi Single versi 7″ doang sih
Released: 30 November 2009
Label: EMI
Format: 9×7″ single box set

2 comments

  1. Wihhhh hampir sama koleksinya ma gue… salud! gue juga bawain lagu morrissey pertama kali manggung, kalo ngg salah you’re the one for me fatty… trus, gue inget banget, karena band gue dulu masih campuran mainin lagu britpop, jadinya lagu pertamany the cure. eh diejek ma anak2 skinhead n punk😦. gue putusin lagu kedua jangan the cure lagi, malah gue minta ma temen2 gue bawain morrissey, fatty dan akhirnya gue dijempolin ma anak2 punk n skinhead. oh iya, satu lagi gue salah manggung(gila betul :)) taunya acara anak2 skinhead. dah latian bawain the cure, gue langsung bilang ma temen2 gue, bisa habis kita nih kalo bawain the cure, bawain morrissey aja. hahahahah Viva MOZ!! Video konsernya ngg ada bos?

  2. Huehehehehehehe ini jangan2 lagi zamannya manggung di Manari Gatot Subroro Jakarta bukan ya?
    Memang sih utk di bawain Live, Fatty dan Sister I’m a Poet itu beatnya paling enak.

    Video konser saat itu gak mampu beli hueheheheheh. Di DS yang kanan kalau gak salah pernah keliatan cuma 1 .. ‘Live in Dallas’ dalam format CD yang gede itu.

    Dulu jaman thn 1990an dulu sih awalnya gue udah dengerin grindcore, diselingi old-school punk. Setelah ‘lelah’ lalu miring ke Britpop.
    Semuanya ada benang merahnya. Jadi harusnya bagi seorang pemerhati musik sejati bahkan anak skindhead/Nazi Punk sekalipun (yang sangat mungkin saat itu mereka baru pada dengerin kaset copy-an Exploited :-)) kalau dengerin Killing an Arab dan Boys Dont Cry harusnya (in term of beat) bakalan suka juga kok …
    Jadi harusnya mereka tidak usah saling ejek hehehehehe.
    Respect each other is the keyword.


Leave a Reply

