Phuket Thailand, Layakkah Dikunjungi – Bag 4

Sedikit Kecewa (Lagi)

Menurut rencana pada hari keempat (7 Oktober 2010) di Phuket, kita akan mengikuti acara sepedahan dengan tajuk ‘Phuket Country Side Half Day Tour’. Khawatir akan lebih ribet jika mencari acara sepedahan di sana, maka sengaja gue telah memesan untuk ikut program ini seharga 1600 Baht melalui internet dan pada email yang gue kirim malam sebelum berangkat ke Phuket gue minta dispensasi untuk melakukan pembayaran kepada pihak penyelenggara secara cash pada hari H. Dan sayangnya selama disana gue gak sempat buka email untuk membaca  jawaban/konfirmasi dari pihak penyelenggara.

Picture 095rr

Ternyata di counter-counter travel agen di Phuket juga menyediakan brosur dari acara sepedahan yang akan gue ikuti tersebut. Maka gue pesanlah (khawatir pesanan via internet gak/belum dapat tanggapan) melalui travel agent di depan PBGR dengan harga setelah di diskon 10% menjadi 1440 Baht perorang (bahkan di counter lain bisa ditawar sampai 1400 baht). Ada kejadian unik dan lucu disini ketika pegawai travel agen mendaftarkan nama gue dan istri kepada pihak penyelenggara maka serta merta pihak penyelenggara meminta maaf kepada travel agen dan bilang bahwa harga berubah menjadi harga semula 1600 Baht dan travel agen juga tidak jadi mendapatkan fee dari pihak penyelenggara dengan alasan bahwa gue telah terdaftar pada database mereka (saat pemesanan via internet)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebagai orang yang tidak terlalu awam dengan dunia MTB (mountain bike), mendengar kata ‘country side’ gue juga tidak akan terlalu berharap bahwa medan yang akan gue lewati nanti akan ekstrem banget (baca : banyak tanjakan, turunan, single track ekstrem dll, apalagi istri gue ikut serta). Tapi gue sama sekali gak menyangka kalau porsi on-road (via jalan aspal) lebih banyak ketimbang off-road-nya. Sensasi sepedahan di off-road jelas berbeda dan pasti jauh mengasikkan ketimbang on-road.

Picture 101rr

Setelah kita dijemput dari hotel, mobil (dan sepeda yang diletakkan diatas mobil) menuju daerah pantai timur Phuket dimana banyak terdapat hutan bakau. Dari sana kita mulai gowes onroad menuju daerah hutan karet dan perkebunan nanas. Perjalanan di hutan karet tidak lebih dari 4 KM yang dilanjutkan gowes on-road menuju pusat rehabilitasi Gibbon. Dari sana perjalanan dilanjutkan melewati jalan-jalan sepi dan kembali ke jalan raya menuju Ao Por (tempat wisata laut menuju pulau James Bond). That’s it !!!! Dengan biaya 3200 Baht (+/- 960 ribu rupiah) untuk acara setengah hari jelas menjadi terasa mahal dibanding keasikan yang didapat. Belum lagi istri gue juga ‘cuma’ ikutan setengah perjalanan.

Sedikit Hal Lain Tentang Phuket

Menurut hemat gue Phuket (terutama daerah wisata sekitar Phatong) memang jauh lebih tertib, lebih rapi dan lebih bersih  dari Jakarta ataupun lokasi wisata lain di Indonesia semisal Bali. Selama disana jarang gue temui ada sampah (bahkan bungkus rokok) berceceran dijalan. Sampai-sampai gue sangat khawatir ketika ingin membuang puntung rokok sembarangan. Jadi kalau kebetulan gak melihat ada tempat sampah disekitar, maka buru-buru gue injek itu puntung sampai hancur agar tidak terlalu terlihat jelas lagi🙂

Jalan raya juga boleh dibilang sangat lancar, sangat berbeda dengan jalan disekitar Legian dan Kuta yang selalu macet. Jalan raya disekitar luar daerah wisata juga lancar, hampir tidak terdengar pengendara motor membunyikan klakson. Antrian di lampu merah tidak sampai panjang. Apalagi jalan 402  yang menuju bandara. Jalan tersebut bukan jalan tol (berbeda dengan jalan menuju bandar udara Changi, KL ataupun Sukarno Hatta) namun aspal sepanjang jalan tersebut sangat halus dan lenggang namun tetap tidak membuat para pengendara ngebut memacu kendaraannya.

Namun bukan berarti Phuket tidak punya kekurangan. Hampir disepanjang jalan Patong Beach (Thaweewong Road) instalasi dan manajemen kabel listrik sangat kacau balau, silahkan lihat foto berikut🙂

::: Selesai :::


Leave a Reply

