Long Term Review, Maintenance Cost Suzuki Swift

Dewasa ini selain konsumsi BBM, faktor lain yang kerap kali diperhatikan oleh banyak calon pembeli mobil di Indonesia adalah biaya perawatan mobil. Simple aja, tentunya calon pembeli mobil menginginkan mobil yang akan dimilikinya nanti tidak terlalu banyak membutuhkan biaya perawatan rutin. Ada merek mobil tertentu yang berani menyarankan secara resmi pengguna mobilnya melakukan servis berkala setiap kelipatan 10.000 km. Suzuki Swift dalam hal ini merekomendasikan melakukannya setiap kelipatan 5.000 km.

Artikel ini adalah semacam review jangka panjang dari sebuah mobil Suzuki Swift yang baru saja menjalani servis berkala 90.000 km. Saat artikel ini dibuat usia mobil yang gue miliki dari baru adalah 4.5 tahun lebih. Menurut catatan, gue selalu berusaha membawa mobil ini ke bengkel resmi (Beres) untuk dilakukan pemeriksaan berkala sesuai jadwal yang tertera pada buku servis. Hanya satu kali saat servis berkala di 35.000 km gue membawa mobil ini ke bengkel umum non Beres dimana saat itu gue cuma ingin mencoba sebuah merek pelumas yang tidak dijual di Beres. Juga pernah satu kali servis berkala di kilo meter 70 rb-an yang agak ‘molor’ sehingga membuat jadwal servis berikutnya ikutan sedikit ‘ngaco’. Semua data pengeluaran yang akan gue tampilkan adalah benar adanya sesuai dengan kuitansi yang hampir sebagian besar masih gue simpan lengkap dari mulai servis berkala pertama sampai dengan saat ini.

Lain halnya dengan minyak pelumas dan filternya, penggantian spare-part lain semisal drive-belt ataupun busi, gue tidak selalu mengikuti jadwal perawatan karena lebih melihat kondisi aktual saat itu. Sebagai contoh menurut buku servis drive-belt harus diganti pada servis berkala 30.000 km, 60.000 dan 90.000 km. Namun kenyataannya gue baru satu kali  ganti pada servis berkala 90.000 itupun sebetulnya karet belt belum terlalu getas dan belum ada tanda-tanda keretakan.

Yang akan gue tampilkan disini adalah biaya servis berkala, servis penunjang, penggantian suku cadang penunjang pemakaian normal. Jadi penggantian suku cadang ‘optional’ yang berhubungan dengan modifikasi tidak akan dimasukkan. Ada sedikit pengecualian saat penggantian brake-pad depan yang tidak menggunakan spare-part original Suzuki. Walaupun pembeliannya disaat brake-pad asli masih tebal namun dengan pertimbangan bahwa toh nantinya kita akan juga mengganti brake-pad maka pembelian ini tetap dimasukkan dalam daftar ini.

Tanggal penerimaan mobil dari dealer : 12 May 2007

Tanggal review : 4 Desember 2011

Biaya Service Berkala

No Tangal Keterangan   Biaya Odometer
1 9-Jun-07 Servis Berkala 1000 km
2 Servis Berkala 5000 km
3 3-Nov-07 Servis Berkala 10.000 km       278,945
4 5-Jan-08 Servis Berkala 15.000 km       220,000     14,458
5 8-Mar-08 Servis Berkala 20.000 km       347,250     19,991
6 29-Jun-08 Servis Berkala 25.000 km       364,736     26,582
7 24-Aug-08 Servis Berkala 30.000 km       749,273     30,000
8 7-Nov-08 Servis Berkala 35.000 km       265,000     35,176
9 18-Jan-08 Servis Berkala 40.000 km       780,385     40,000
10 2-May-09 Servis Berkala 45.000 km       303,359     45,040
11 6-Sep-09 Servis Berkala 50.000 km       562,846     50,000
12 28-Nov-09 Servis Berkala 55.000 km       255,000     56,459
13 8-Feb-10 Servis Berkala 60.000 km       635,916     59,502
14 30-Jun-10 Servis Berkala 65.000 km       408,400     66,590
15 27-Aug-10 Cek Rem Belakang       210,375
16 31-Oct-10 Servis Berkala 75.000 km       432,399     71,790
17 11-Mar-11 Servis Berkala 80.000 km       363,400     77,899
18 25-Jun-11 Servis Berkala 85.000 km       416,900     83,504
19 28-Oct-11 Servis Berkala 90.000 km    1,282,700     90,000
Subtotal      7,876,884

Biaya servis berkala sudah termasuk pembelian oli, busi sesuai skedul dan/atau kebutuhan. Servis berkala 90.000 km lumayan mahal karena selain ganti oli juga sudah termasuk biaya kuras radiotor, servis rem belakang, ganti fanbelt, ganti AC belt, ganti busi dan juga ganti bearing pully.

Biaya Perawatan Lain-lain

Tangal Keterangan   Biaya Odometer
27-Aug-10 Check Rem Belakang          210,375
27-Aug-10 Ganti Brakepad Depan non stock          750,000
27-Nov-09 Ganti Accu GS – Basah          470,000
9-Mar-10 Ganti Ban Yokohama C-Drive       2,800,000
11-May-11 Ganti Bearing roda depan belakang       1,768,140
31-Dec-08 Ganti filter AC + Freon          250,000
3-Jul-10 Isi freon AC          125,000
5-Jun-11 Isi freon AC          125,000
7-Nov-08 Kuras Radiator            83,887 35165
4-Sep-10 Servis AC          768,000
27-Aug-11 Servis AC          450,000
18-Nov-07 Spooring & Balancing          215,000
16-May-09 Spooring & Balancing          125,000 45627
8-Sep-11 Spooring & Balancing          135,000
10-Oct-08 Spooring & Balancing          205,000
Subtotal          8,480,402

 

So hasil ahirnya adalah selama masa pemakain 4.5 tahun lebih gue telah mengeluarkan biaya perawatan dan penggantian part yang memang dibutuhkan adalah sebesar Rp 16,357,286,- Dengan jarak 90 rb kilometer yang telah gue lalui maka bisa kita hitung biaya perawatan per kilometer adalah sebesar 182 rupiah !!!. Atau bisa juga kita dapatkan data biaya perawatan perhari adalah sebesar 9.810 rupiah yang dihitung dengan membagi 16.3 jt-an tadi dengan jumlah hari semenjak gue menerima kiriman mobil dari dealer sampai dengan saat tulisan ini dibuat. Apakah angka-angka tadi murah? mahal? atau sedang-sedang saja :-).

Ingat, angka diatas adalah baru merupakan  Maintenance Cost. Sedangkan Operational Cost agak susah dihitung karena banyaknya pembelian BBM yang terlanjur hilang sebelum dicatat dan direkapitulasi.

Disclaimer : Semua merk yang tertulis di situs ini adalah merek dagang milik dari masing-masing pemegang merk.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: