Long Term Review, Maintenance Cost Suzuki Swift

Dewasa ini selain konsumsi BBM, faktor lain yang kerap kali diperhatikan oleh banyak calon pembeli mobil di Indonesia adalah biaya perawatan mobil. Simple aja, tentunya calon pembeli mobil menginginkan mobil yang akan dimilikinya nanti tidak terlalu banyak membutuhkan biaya perawatan rutin. Ada merek mobil tertentu yang berani menyarankan secara resmi pengguna mobilnya melakukan servis berkala setiap kelipatan 10.000 km. Suzuki Swift dalam hal ini merekomendasikan melakukannya setiap kelipatan 5.000 km.

Artikel ini adalah semacam review jangka panjang dari sebuah mobil Suzuki Swift yang baru saja menjalani servis berkala 90.000 km. Saat artikel ini dibuat usia mobil yang gue miliki dari baru adalah 4.5 tahun lebih. Menurut catatan, gue selalu berusaha membawa mobil ini ke bengkel resmi (Beres) untuk dilakukan pemeriksaan berkala sesuai jadwal yang tertera pada buku servis. Hanya satu kali saat servis berkala di 35.000 km gue membawa mobil ini ke bengkel umum non Beres dimana saat itu gue cuma ingin mencoba sebuah merek pelumas yang tidak dijual di Beres. Juga pernah satu kali servis berkala di kilo meter 70 rb-an yang agak ‘molor’ sehingga membuat jadwalnya servis berikutnya ikutan sedikit ‘ngaco’. Semua data pengeluaran yang akan gue tampilkan adalah benar adanya sesuai dengan kuitansi yang hampir sebagian besar masih gue simpan lengkap dari mulai servis berkala pertama sampai dengan saat ini.

Lain halnya dengan minyak pelumas dan filternya, penggantian spare-part lain semisal drive-belt ataupun busi, gue tidak selalu mengikuti jadwal perawatan karena lebih melihat kondisi aktual saat itu. Sebagai contoh menurut buku servis drive-belt harus diganti pada servis berkala 30.000 km, 60.000 dan 90.000 km. Namun kenyataannya gue baru satu kali  ganti pada servis berkala 90.000 itupun sebetulnya karet belt belum terlalu getas dan belum ada tanda-tanda keretakan.

Yang akan gue tampilkan disini adalah biaya servis berkala, servis penunjang, penggantian suku cadang penunjang pemakaian normal. Jadi penggantian suku cadang ‘optional’ yang berhubungan dengan modifikasi tidak akan dimasukkan. Ada sedikit pengecualian saat penggantian brake-pad depan yang tidak menggunakan spare-part original Suzuki. Walaupun pembeliannya disaat brake-pad asli masih tebal namun dengan pertimbangan bahwa toh nantinya kita akan juga mengganti brake-pad maka pembelian ini tetap dimasukkan dalam daftar ini.

 

Tgl Penyerahan

12-May-07

 

 

 

 

Tanggal Review

4-Dec-11

 

 

 

 

 

 

Servis Berkala

 

 

No

KM

Tangal

Keterangan

 Biaya

Odometer

1

                     1,000

9-Jun-07

 

              –  

 

2

                     5,000

 

 

 

 

3

                   10,000

3-Nov-07

Servis Berkala (Shell Helix Plus 10W/40)

      278,945

 

4

                   15,000

5-Jan-08

Servis Berkala (Shell Helix Plus 10W/40)

      220,000

    14,458

5

                   20,000

8-Mar-08

Servis Berkala (Shell Helix Plus 10W/40)

      347,250

    19,991

6

                   25,000

29-Jun-08

Servis Berkala (Syntetic Supreme 10W/40) + Engine Tune Up, ganti busi

      364,736

    26,582

7

                   30,000

24-Aug-08

Servis Berkala (Fastron 10W/40) + Engine Tune Up, Servis Rem

      749,273

    30,000

8

                   35,000

7-Nov-08

Servis Berkala Non Beres (FK Masimmo 10W/40)

      265,000

    35,176

9

                   40,000

18-Jan-08

Servis Berkala (SGO 10W/40)

      780,385

    40,000

10

                   45,000

2-May-09

Servis Berkala (Syntetic Supreme 10W/40)

      303,359

    45,040

11

                   50,000

6-Sep-09

Servis Berkala (SGO) + Kuras Radiotor, Engine Tune Up, Ganti busi

      562,846

    50,000

12

                   55,000

28-Nov-09

Servis Berkala (Shell Helix Plus)

      255,000

    56,459

13

                   60,000

8-Feb-10

Servis Berkala (5W/30) + Engine Tune Up, Uji Emisi

      635,916

    59,502

14

                   65,000

30-Jun-10

Servis Berkala (Shell Helix Plus)

      408,400

    66,590

15

                   70,000

27-Aug-10

Cek Rem Belakang

      210,375

 

16

                   75,000

31-Oct-10

Servis Berkala (5W/30)

      432,399

    71,790

17

                   80,000

11-Mar-11

Servis Berkala (SGO 10W/40)

      363,400

    77,899

18

                   85,000

25-Jun-11

Servis Berkala (Shell Helix Plus)

      416,900

    83,504

19

                   90,000

28-Oct-11

Servis Berkala (SGO) + Kuras Radiotor, Servis rem belakang, ganti fanbelt, AC belt, busi, bearing pully

   1,282,700

    90,000

20

                   95,000

 

 

 

 

21

                  100,000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perawatan Penunjang dan Penggantian

 

 

 

 

Tangal

Keterangan

 Biaya

Odometer

 

 

27-Aug-10

Check Rem Belakang

      210,375

 

 

 

 

Ganti Brakepad Depan non stock

      750,000

 

 

 

27-Nov-09

Ganti Accu GS – Basah

      470,000

 

 

 

9-Mar-10

Ganti Ban Yokohama C-Drive

   2,800,000

 

 

 

11-May-11

Ganti Bearing roda depan belakang

   1,768,140

 

 

 

31-Dec-08

Ganti filter AC + Freon

      250,000

 

 

 

3-Jul-10

Isi freon AC

      125,000

 

 

 

5-Jun-11

Isi freon AC

      125,000

 

 

 

7-Nov-08

Kuras Radiator

       83,887

35165

 

 

4-Sep-10

Servis AC

      768,000

 

 

 

27-Aug-11

Servis AC

      450,000

 

 

 

18-Nov-07

Spooring & Balancing

      215,000

 

 

 

16-May-09

Spooring & Balancing

      125,000

45627

 

 

8-Sep-11

Spooring & Balancing

      135,000

 

 

 

10-Oct-08

Spooring & Balancing

      205,000

 

 

 

 

Total Biaya

 16,357,286

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Hari Memiliki Mobil

1,667

 

 

 

 

Biaya Perawatan per Hari

9,810

 

 

 

 

Biaya Perawatan per KM

              182

 

 

 

 

 

 

 

So hasil ahirnya adalah selama masa pemakain 4.5 tahun lebih gue telah mengeluarkan biaya perawatan dan penggantian part yang memang dibutuhkan adalah sebesar 16.3 jt lebih. Dengan jarak 90 rb kilometer yang telah gue lalui maka bisa kita hitung biaya perawatan per kilometer adalah sebesar 182 rupiah !!!. Atau bisa juga kita dapatkan data biaya perawatan perhari sebesar 9.810 rupiah yang dihitung dengan membagi 16.3 jt-an tadi dengan jumlah hari semenjak gue menerima kiriman mobil dari dealer sampai dengan saat tulisan ini dibuat. Apakah angka-angka tadi murah? mahal? atau sedang-sedang saja🙂.

Ingat, angka diatas adalah baru merupakan  Maintenance Cost. Sedangkan Operational Cost agak susah dihitung karena banyaknya pembelian BBM yang terlanjur hilang sebelum dicatat dan direkapitulasi.

Disclaimer : Semua merk yang tertulis di situs ini adalah merek dagang milik dari masing-masing pemegang merk.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s