Gowes Halaman Belakang Rumah – Gn Mujur Malang

Gak nyangka ternyata gak “jauh” dari rumah ortu di Karangploso Malang terdapat trek sepeda yang ajib ini. Gn Mujur biasanya dapat dicapai melalui dua arah, yakni melalui Singosari dan Karangploso. Nah kebetulan rumah ortu tepat disisi jalan dusun Boro, yakni jalan yang menghubungi Karangploso ke Gn. Mujur ini.

Liburan lebaran tiga tahun lalu sempat merasakan mencoba gowes miring atas on-road aspal halus kearah pos pendakian Gn. Mujur namun kehabisan nafas ditengah jalan. Padahal cuma naik dari 900-an ke 1100-an mdpl lho kekekekekekeke. Tahun ini masalah hidupku gak seberat tahun-tahun lalu, jadi menuju pos pendakian diputuskan untuk numpang pickup milik bapak🙂
Oh ya jalan aspal halus tadi berubah menjadi jalan dengan bebatuan lepas menjelang pos pendakian.

Dari pos pendakian sebagai pemanasan coba menyelusuri jalan makadam yang entah ujungnya sampai dimana. Rencananya sih mau coba sisi kiri dan kanan jalan siapa tahu nemu single trek maknyus. Sebetulnya tepat di belakang bangunan besar memanjang tidak jauh dari pos pendakian tadi sudah tercium aroma keasikan hutan pinus. Tapi sepertinya akan jadi “simpanan” diahir perjalanan, save the best for last.

Wow disisi kiri jalan terlihat tebing menjulang lumayan tinggi. I assume ini dulunya jalur air terjun yang mungkin sedang kehabisan sumber air. Mungkin gak sih???? Break ambil nafas, sebatang rokok (jangan dicontoh) sekalian poto-poto sebentar disini.

Janji pulang kerumah sebelum adzan dhuhur, so masih ada waktu 1,5 jam-an untuk meneruskan gowes jalanan makadam ini terus keatas Gowes ngicik nanjak di makadam hampir 20 menitan-an ahirnya bosen juga, kebetulan disi kanan jalan ada jalan bikinan peladang. Cobain ahhhhhhh ….. Dem ternyata asik banget untuk sepedahan. Disisi kanan jalur terdapat mini berm yang asik untuk dilewati ban sepeda. Jalan menurun berliku-liku sampai ahirnya melintasi ladang milik penduduk. Setelah lumayan jauh turun terlihat sebuah bilik tempat istirahat para peladang. Turun terus kebawah atau balik lagi ketitik pertigaan tadi??? Balik aja dech .. mulai dech gowes nanjak lagi wakakakakakaka.

Dari pertigaan saat mulai jalur kanan tadi perjalanan menanjak mengarungi jalan makadam kembali dilanjutkan. Seatpost kembali dinaikkan ke posisi ideal untuk pedaling. 5 .. 10 .. 15 menit berlalu sampai ahirnya bosen juga. Pada sekitar ketinggian 1230 mdpl kembali istirahat sekaligus memutuskan untuk balik kanan untuk sesi turun menikmati jalan makadam tadi wuuhuuuuuuuuuuuuuu.

Di sebuah pertigaan terlihat sebuah plang petuntuk arah bertuliskan “Nganan” terpasang pada batang pohon milik dari rekan-rekan motorcross. Hmmmmm iseng-iseng coba mengikuti jalur tadi. Kebalikan dengan jalur kearah kebun penduduk yang tadi sempat dicoba diawal perjalanan, jalur motorcross ini harus dimulai dengan gowes menanjak terlebih dahulu *uhuk uhuk uhuk*. Ternyata permukaan tanah pada jalur ini juga sangat enak untuk dilalui dan tidak/belum rusak membentuk saluran air seperti yang banyak gue temui pada jalur Palasari. Setelah dirasakan cukup gowes menanjak diputuskan untuk kembali kearah plang tadi sambil menikmati jalur turunan yang lumaya berliku ini. Yihaaaaaaaaa.

Beberapa ratus meter menjelang titik start gue mencoba masuk ke area hutan pinus sekalian blasak-blusuk cari jalan untuk turun ke rumah besar dekat pos pendakian tadi. Biar turunanya nanti makin OK sengaja sayah coba gowes lagi sedikit keatas sambil sekali duakali sepeda dituntun, sekalian mau tahu apakah ada view yang menarik disana. Hmmmmm rindang betul gowes dibawah pepohonan pinus ini. Andai punya banyak waktu pasti gue akan coba terus gowes keatas supaya nantinya pada sesi turunan akan lebih cihuy.

Setelah hari Minggu 26 Agustus 2012 saat perjalanan menuju Malang sempat mampir ke Salatiga untuk mencoba trek Ngaduman dan Salib Putih, ketambahan gowes singkat di trek lereng Gn. Mujur ini maka lumayan lengkaplah liburan lebaran tahun ini dan ditahun-tahun mendatang saat liburan lagi ke Malang gak akan ragu-ragu lagi bawa sepeda🙂

Cheers, salam TatuTuta aka T4 aka Tanjakan Tuntun Turunan Takut


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s