Gowes di Pulau Bali, Mahal Tapi Sangat Sangat Sepadan

IMG_20130222_143150Gowes di Pulau Bali memang salah satu yang berada pada urutan atas dari list tempat gowes di luar Pulau Jawa yang gue terobsesi pengen banget untuk coba. Kebetulan saat itu ada slot kosong pada rombongan teman yang berencana gowes di Bali pada tanggal 23-24 Februari 2013. Kendala utama masalah antena RRI (Restu Redho Istri) Alhamdulillah juga sudah terpecahkan. Walaupun dengan wajah sedikit cemberut (karena gak diajak ikut), proposal izin gowes ke Bali ahirnya di-approve juga hihihihi.

Enaknya berangkat dengan rombongan, urusan transportasi dan akomodasi sudah beres semuanya. Tiket pesawat Jakarta-Denpasar-Jakarta dengan maskapai penerbangan murah meriah Citilink seharga 1,5 juta sudah dihandle oleh om Cheepy sang EO handal. Begitupun dengan urusan tempat menginap dan transportasi selama acara gowes di Bali juga sudah beres diatur oleh rekan-rekan Marshall di Bali, Thanks mate.  Biaya paket gowes 2 hari (plus makan siang) dengan menginap 3 hari 2 malam di sebuah hotel di daerah Ubud, transportasi dan jasa marshall dibagi rata oleh 15 anggota rombongan seharga 930 ribu.

Walaupun angka 2,4 jutaan itu lumayan mahal bagi gue pribadi tapi paling tidak gue masih bersyukur karena 10 dari 15 anggota rombongan adalah bagian dari “korban” ditutupnya maskapai penerbangan Batavia Air. Bayangin bagaimana hancur leburnya hati mereka karena  terpaksa harus mengeluarkan uang dua kali untuk urusan tiket pesawat. #Sing podo sabar yo om hihihihihihihihi.

Day 1 – Jumat 22 Feb 2013. Can’t Wait for Tomorrow

Rombongan dibagi menjadi dua, 10 anggota rombongan yang menggunakan Citilink tiba jam 19.30 sedangkan 5 lainnya yang menggunakan Lion Air tiba hampir 2 jam kemudian. Urusan loading 10 tas sepeda sudah beres, rombongan pertama langsung diangkut dengan minibis menuju hotel sedangkan pick-up yang mengangkut tas sepeda tetap di bandara menunggu rombongan kedua tiba.

Hotel tempat kami menginap berlokasi tepat diseberang pintu gerbang Monkey Forest Ubud. Bisa dibilang hotel ini  lumayan “unik”, dari jalan raya sama sekali tidak terlihat sebagai sebuah hotel karena hanya ada pintu masuk tidak terlalu lebar yang dibelakangnya langsung berupa anak tangga lumayan curam. So karena kontur tanah disana hotel kita ini ada di lantai atas. Setelah menaiki tangga barulah terlihat halaman lumayan luas di depan recepsionis.

857975_4926034781022_1039071585_o

Gue mendapat jatah kamar di lantai 2 (lantai 3 kalau dihitung dari jalan raya hihihihi) yang lokasinya paling pojok dan paling dekat dengan area Monkey Forest. Sekedar info para monkey-monkey tersebut bisa dengan mudahnya masuk ke area hotel karena adanya pohon besar dan tinggi yang mereka gunakan untuk menyeberang.

Hujan rintik rintik dan kopi panas menemani kami di ruang recepsionis saat menunggu rombongan kedua dan sepeda yang malam itu juga harus kami rakit. Tunggu punya tunggu ahirnya datang juga. Urusan mengangkat tas sepeda dengan berat hampir 23kg melewati puluhan anak tangga menuju ruang recepsionis hotel ternyata juga bukan urusan mudah. Melihat cara para ground-crew bandara saat menaikan dan menurunkan tas sepeda ke dalam bagasi pesawat membuat perasaan agak was-was juga saat memeriksa tas ini. Walaupun tas sudah dikasih stiker “Fragile” dan striker tanda panah ke atas pada kedua sisi tas namun tetap saja mereka dengan seenaknya melempar dan menumpuk tas sepeda ini secara sembarangan.

“Bismillah .. semoga frame dan part yg ada dalam tas ini gak ada yang cacat”, doa gue dalam hati sambil pelan-pelan membuka zipper tas sepeda hitam gue ini. Hmmmmmm ternyata kedua tas wheelset yang memang disimpan pada sisi kiri dan kanan dalam tas sepeda ini bolong menembus lapisan luar tas sepeda. Pasti yaaa karena itu tadi, tas sepeda gue yang softcase ini walaupun sudah gue lapisi dengan kardus bekas sepeda pastilah tetap akan bisa bolong jika petugas tadi meletakkannya secara horisontal. Dengan posisi seperti ini ujung hub dan freehub pasti akan menekan sisi tas wheelset.

131882_10200106702602657_1843060420_o_r

Acara merakit sepeda kami lakukan sambil ketawa-ketiwi sambil sesekali mengomentari sepeda masing-masing anggota rombongan. Ada salah satu peserta rombongan yang kabarnya sepedahnya baru dibeli dan selesai dirakit sehari sebelum hari keberangkatan ke Bali. Wedeeeew acara turun tanahnya jauh banget om xixixixixixixi. Sekedar info dari 15 peserta rombongan awalnya yang benar-benar gue kenal cuma 2 orang, selebihnya ya baru kenal di bandara ataupun di hotel ini. Itulah salah satu keuntungan lain dari hobby sepedahan ini, bisa nambah teman, nambah saudara.

Sepeda sudah selesai dirakit, jam di handphone gue menunjukkan jam 24 lebih sedikit. Untuk terahir kali gue periksa ulang kesiapan sepedah biar esok gak perlu lagi harus ada yang disetting. Badan yang sudah lumayan letih dan sedikit keringetan ini masih harus melakukan aktifitas fisik untuk yang terahir kali di hari ini sebelum pergi tidur.  Ya .. mengangkat sepeda ini ke lantai 2 dimana kamar gue berada. Dooooooooh.

Mandi, shalat habis itu langsung rebahan di tempat tidur … But wait …. kok udah hampir 10 menit tapi mata ini seakan gak mau diajak istirahat. Deskripsi dan testimoni baik dari beberapa orang teman yang sudah pernah mencoba trek maupun dari yang gue baca di internet model seperti ini : “Jangan pake rem abal-abal”, “Brakepad harus masih tebal”, “Elo akan sampai bosen dengan turunan pada trek sepanjang 28 km-an ini”, ” Down from +/-1400 mdpl to 0 mdpl”, dan masih banyak hal lain sejenisnya tentang trek Penulisan – Tianyar yang akan gue coba esok pagi seolah terngiang-ngiang terus dan gak mau pergi dari kepala ini membuat gue gak bisa tidur sampai jam 2-an pagi. Sampai ahirnya otak gue kalah juga …. mulailah gue menguap ….. All rite then,  good night have a nice dream .. really can’t wait for tomorrow.