Berapa Daya Maksimum Sebenarnya Nissan Grand Livina 1800cc

Pertanyaan ini pertama kali timbul saat browsing mencari info sebelum meminang Nissan Grand Livina (NGL) 1800cc ini 2,5 tahun yang lalu. Pada website Nissan disebutkan bahwa mesin MR18DE yang dahsyat ini hanya mempunyai power atau daya maksimum sebesar 126 Ps pada 5200 RPM. Kalau kita konversikan pada website online-tools conversion (contohnya : http://www.unitconversion.org/unit_converter/power.html ) ataupun aplikasi yang bisa kita install di HP Android maka 126 Ps ini kurang lebih sama dengan 124.2 HP.

Brosur NMI r

Masa iya sih mesin 1800 cc di NGL cuma dapat 126 Ps? Iseng-iseng coba deh liat spesifikasi mobil merk lain yang sama-sama menggunakan mesin 1800 cc. Kita ambil contoh Honda All New Civic 1800 cc daya maksimumnya 141 Ps pada 6500 rpm. Sedangkan Toyota Corolla Altis 1800 cc dual VVT-i mempunyai daya maksimum 151 Ps pada 6400 rpm

All New Civic

All New Corolla Altis

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa walaupun isi silindernya sama-sama 1800 cc namun jika diaplikasikan pada jenis mobil yang berbeda misalnya sedan vs MPV sangat mungkin output daya maksimum dan torsinya oleh pabrikan sengaja akan dibuat berbeda. Juga telah sama kita ketahui bahwa faktor alat pengukur dan metode pengukuran yang dilakukan oleh pabrikan juga akan mempengaruhi hasil nilai daya maksimum tadi. Namun jika tidak ada tehnologi tambahan yang super gress yang dipasang pada mesin-mesin tadi maka imho perbedaannya tentunya tidak akan terlalu signifikan.

Kalau cuma sekedar ingin membuktikan daya maksimum sebenarnya bisa saja mobil kita bawa ke bengkel yang mempunyai fasilitas dynometer untuk dilakukan pengetesan. Tapi ya sayang aja sih kalau harus bayar lumayan mahal sewa dynometer hanya untuk power-run seperti itu. Sampai ahirnya suatu waktu kebetulan gue ingin memasang unichip dastek di NGL ini, naaaah sekalian aja dech kita liat berapa sih sebenarnya daya maksimum mobil ini.

IMG_20130821_125915r

Sebelum pergi ke bengkel sengaja gue isi full tank BBM dengan oplosan premium dicampur pertamax plus 85% : 15% karena kebetulan untuk keseharian mobil gue ini masih minum BBM bersubsidi  :-). Setelah semua pemasangan wiring beres mulai dech kita lakukan power-run pertama yang kemudian dilanjutkan dengan mencari settingan yang pas untuk beberapa map BBM yang akan dipasang di mobil ini.

Hasilnya ternyata kalau menurut mesin dynometers milik SigmaSpeed daya maksimum NGL 1800 cc sebelum unichip diaktifkan dan dengan hanya tambahan air filter replacement K** daya maksimumnya sebesar 144.4 Bhp atau kurang lebih 146.4 Ps pada 6500 RPM !!!! Hmmmmm not bad laaaah dan masih cukup kompetitif jika diibandingkan dengan kedua tipe kendaraan diatas.

Karena mobil ini tanpa ada modifikasi selain hanya mengganti air filter maka hasil power-run kedua saat unichip diaktifkan tidak terlalu banyak perolehan power yang didapat. Hasil optimumnya adalah 148.8 Bhp atau sekitar 150.8 Ps pada 6500 RPM.

004r

Kembali kepertanyaan awal, mengapa pada websitenya Nissan Indonesia mencantumkan daya maksimum NGL 1.8 hanya sebesar 126 Ps pada 5200 RPM? Kalau menurut tebakan bodoh-bodohan gue yang sotoy ini, bahwa walaupun sebenarnya MR18DE masih bisa mengeluarkan potensi power daya maksimum sampai 146.4 Ps pada 6500 RPM namun bisa jadi pihak Nissan memang tidak menganjurkan pemakai NGL memacu mesinnya hingga melewati 5200 RPM, Imho lho ya🙂


4 comments

  1. Ada beberapa pabrikan mobil yang secara sengaja memang tidak mempublikasi tenaga maksimal nya, namun utk apa konsiderasi nya, itu kembali ke pabrikan nya masing – masing

  2. mas mau ikutan diskusi , ane make GL Xgear 1800 matic, melihat pemaparan bukti2 ente ane jadi terbuka matanya, ane jujur aja suka geber si livi apa lagi di toll seneng nya ane geber sebelah mobil yang pake knalot brembrem tapi ga kemana larinya wkwkwk . nahh melihat bukti ente yang tenaga 144 timbul di 5200 rpm ane juga bisa sambungin ke pengalaman ane waktu lg geber (pedal ampe abis and over drive off) posisi rpm awal geber di 4000 begitu geber melonjak ke 5000 dan lanjut ke 5500 seinget ane dan tenaganya emg paling liar disitu menurut ane (feeling aja) karena livina matic baru ganti gigi 4 di 140 kmp begitu nyentuh 6000 dia ganti ke gigi 4 dan rpm langsung turun ke 4000 dan disitu udah loyo tenaganya (140 kmp keatas) speed masih naik tapi yooo udah ogah2an.

    jadi skarang ane pede nih jawab top power si Glivi bisa 144 wkwkwkw nah tapi pertanyaan lagi dong apakah brosur Civic dan Altis sudah power maksimum??? kalo belom welehweleh serem juga itu.

    • Hello om David .. thanks sudah mampir…
      Power pada dua mobil tersebut bisa iya bisa juga belum maksimal hihihihi …
      Penjelasannya sudah dipaparkan dengan bijak tuh oleh om Tommy diatas

      Btw, jangan terlalu ngebut om bawa XGear 1.8🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s