Introducing Proper Trails To My Rune

Prolog : Setelah sepanjang bulan Maret 2017 hanya sempat menjajal beberapa trek pendek yang berlokasi tidak jauh dari rumah ahirnya sampai juga kesempatan emas mengenalkan budaya vicnik sekaligus mencoba settingan sistem suspensi di beberapa trek lain di luar Cikarang pada Banshee Rune v2 black on black.

Gunung Betung Bikepark

Trip Lampung pada 8 April 2017 menjadi pengalaman vicnik pertama bagi si Rune. Rencana yang lumayan mendadak, menggantikan seat seorang kawan yang last-minute cancel. Buat gue pribadi, dapat mendesign sebuah trip gowes + wisata kuliner bersama keluarga adalah sebuah prestasi tersendiri hihihihi ….. So you guys should be thankful jika kalian bisa bersepeda setiap minggu dengan sepeda apapun, kemanapun, kapanpun kalian mau baik itu di trek lokal ataupun touring ke daerah lain.

Nama resmi trek ini adalah Gunung Betung Bikepark yang menempati lahan dan dengan titik start yang tidak jauh dari pintu masuk area wisata air terjun Gunung Betung.

IMG_20170408_095327r.jpg

Hampir sebagian besar jalur pada Bikepark ini berada pada tengah-tengah perkebunan coklat. Sang designer trek membuat banyak tikungan dan berm yang dapat dinikmati dengan kecepatan cukup tinggi. Entah karena lokasi yang lumayan cukup jauh dari kota Bandar Lampung atau memang tidak banyak peminat MTB disini,  namun yang pasti saat kedatangan kami mencoba bersepeda disini banyak jalur yang sudah terlihat sebagai tanda bahwa Bikepark ini sudah lama tidak dilewati ban sepeda.

016r

Saat membangun Banshee Rune v2 ini gue memang benar-benar hanya mempunyai budget yang sangat terbatas. Tidak banyak opsi fork 27.5 inch dengan harga yang bersahabat. Maka saat itu gue ‘cuma’ bisa meminang sebuah XFusion Sweep RL2 dengan harga hampir setengah dari harga sebuah fork RS Pike RCT3. Hello early adopter .. what have you done so far? mengapa harga-harga komponen untuk sepeda 27.5 masih mahal?? Btw, ini menjadi pengalaman pertama gue kembali menggunakan air-sprung fork setelah terahir kali gue sempat menggunakan Fox Talas RC2 dan Fox Float 3-4 tahun lalu.

First impression gue terhadap Sweep saat mencobanya untuk pertama kali di trek berbukit di daerah Deltamas Cikarang bahwa fork ini masih terasa cukup keras pada penggunaan travel awal walaupun saat itu gue telah mensetting-nya dengan ukuran tekanan angin dan sag sesuai yang rekomendasikan oleh pabrik.

Saat mencobanya di Bikepark Gn Betung gue berharap fork ini akan sudah melewati masa break-in sehingga akan lebih terasa empuk. Namun dugaan gue salah, penggunaan selama lebih kurang 6-8 jam terhitung dari pertama kali menggunakan Rune ternyata belumlah cukup untuk melewati masa break-in. Pada spot jalur McAdam yang lumayan panjang khas perkebunan saat perjalanan pulang tangan gue terasa lebih mudah pegal tanda fork masih kurang maksimal meredam guncangan.

 

Curug Congean Pengalengan 

Wayang Windu Bikepark dan Jalur jalan berbatu aka McAdam khas perkebunan teh di Pengalengan sepertinya akan menjadi tempat yang pas untuk kembali mengetes fork XFusion Sweep ini. So pada tanggal 29 April 2017 gue bergabung dengan om Holis, om Yans, om Budhie dari RogerBagen Bekasi dengan dipandu oleh om Sunny untuk explore kecil-kecilan ke sebuah curug kecil yang lumayan tersembunyi bahkan menurut kabar tidak banyak warga asli Pengalengan yang tahu akan keberadaan curug ini.

006r

So far gue sudah cukup puas dengan settingan pada rearshock CCDB Air CS. Dan untuk trip kali ini gue telah menurunkan tekanan angin pada fork sekitar 3-4 Psi. Memang benar apa yang dikatakan oleh Keith Scott designer Banshee Rune sekaligus sipembuat linkage system KS Link bahwa sepeda ini sangat efisien saat pedaling baik saat di trek datar ataupun menanjak. Gue yang punya nafas pas-pasan, dengkul kelas Deore dan bukan big fans of uphill ride masih bisa mencoba beberapa tanjakan disepanjang perjalanan kami menuju Curug Congean.

 

010r

Dengan settingan baru pada Sweep gue bisa lebih dapat menikmati semua sesi turunan. Fork bisa lebih dapat meredam semua jenis obstacle tanpa efek dive yang berlebihan saat di rem. Walaupun masih jauh dari kenikmatan yang biasa gue rasakan dari fork RS Totem coil-sprung yang menempel di sepeda gue yang lain namun so far this fork makes me a happy camper 🙂 🙂

 

Curug Congean berupa 2 buah curug kembar yang tidak terlalu tinggi yang berlokasi  masih berada di kawasan perkebunan Cukul Pengalengan. Butuh perjuangan sedikit ekstra untuk dapat tiba sampai di bawah air terjun. Terlebih jika anda memutusan untuk membawa serta sepeda untuk sesi foto. Rasa lelah In Syaa Allah akan terbayar lunas saat anda merasakan butiran-butiran air terjun yang sejuk menimpa muka.

Rencana awal untuk mencoba Rune di Wayang Windu Bikepark harus gue tunda karena hari yang sudah menjelang sore. Pagi tadi gue memang sempat terjebak kemacetan saat perjalanan dari Cikarang menuju Pengalengan yang membuat perjalanan gowes ke Curug Congean ikut molor.

As per now settingan untuk fork XFusion Sweep gue adalah 6 click rebound (dari sisi paling cepat), full open untuk compression dan dengan tekanan udara 46 psi. Sedangkan untuk rearshock CCDB Air CS gue cukup puas dengan settingan : HSC = 2; LSC = 12; HSR = 2 dan LSR = 12 dan dengan tekanan udara 115 psi.

 

Disclaimer : Gue bukan sales ataupun sejenisnya dari beberapa merk yang tertulis pada artikel diatas and please stop n forget wheelsize, new bikes, new parts debates.  🙂

 

Cheers and keep pedalling

Mantel. Cikarang 14 May 2017
Salam T4 aka TaTuTuTa aka Tanjakan Tuntun Turunan Takut  (https://www.facebook.com/T4.aka.TaTuTuTa)
Twitter : @jashujan
Email : payung[at]yahoo.com
Blog : jashujan.wordpress.com

 

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

