Hobby Lain-Lain

Pesan Barang dari Luar Negeri, Sebuah Penyesalan

Tertarik Harga Diskon

Menjelang natal tahun 2010 saat iseng browsing ke situs chainreactioncycles.com (CRC) hati kecil gue tertarik dengan harga sebuah gloves MTB  merek Royal seri Pro dibandrol cuma seharga USD 15.70 dan sebuah pant dengan merek yang sama seri Attire race dengan harga sesudah diskon USD 47.15. Biaya pengiriman dengan menggunakan jasa Royal Mail (sejenis kantor pos di Inggris) jenis yang paling murah seharga USD 15.4. Jadi total yang harus gue bayar adalah USD 78.25. Setelah mencoba mengkonversi ke dalam rupiah dan hitung punya hitung maka gue memutuskan untuk memesan barang tersebut.

Ini adalah pengalaman pertama gue memberanikan diri membeli barang melalui online store. Sebelumnya gue hanya pernah nitip teman yang kebetulan juga sedang memesan barang. Ketika barang sampai maka gue langsung bayar cash ke teman gue tadi seharga barang yang gue pesan ditambah setengah dari ongkos kirim.

Konfirmasi melalui email dari CRC gue terima tanggal 28 Desember yang memberitahukan bahwa status barang gue sudah dispatch dan menurut pengalaman pesan barang dari toko yang sama melalui teman gue tadi maka gue perkirakan barang akan sampai di Jakarta sekitar minggu ke-3 bulan Januari 2011.

Masa Penantian

Bulan Januari 2011 sudah hampir habis namun pesanan gue belum juga kunjung tiba. Tagihan di kartu kredit juga atas pesanan barang gue sebesar hampir 725 ribu pun sudah nongol dan lunas gue bayar. Bulan demi bulan telah berganti, Februari, Maret, April namun barang tidak juga datang.  Di bulan Maret gue coba cek ulang data alamat pengiriman dan nomer telepon kantor pada pada halaman user profile CRC. Semuanya sudah benar kok. Dalam hati gue yakin barang pesanan gue sudah tiba di Indonesia dan gue menduga bahwa ada yang tidak beres dalam proses pengiriman ke alamat kantor.

Baca Juga : Ringkasan Itinerary 15 Hari Musim Panas Ke Jepang Untuk Traveller Muslim Dengan Anggaran Terbatas

Di bulan yang sama gue juga pernah mengirimkan email ke customer servicenya CRC dan saat itu mereka bersedia mengirimkan barang yang sama sebagai pengganti. Lumayan senang juga gue atas pelayanan toko online ini namun dalam hati gak terlalu berharap banyak mengingat pokok permasalahan terletak pada masalah pendistribusian di Jakarta.

Kalau mengacu pada pengalaman teman saat memesan barang di CRC, waktu itu barang yang kita pesan langsung dikirim oleh pak pos ke alamat rumah. Sama sekali tidak ada menerima telepon dari kantor pos untuk membayar pajak impor. OK lah misalnya barang yang gue pesan harus ada pajak yang harus gue bayar tapi tidak ada yang pernah menelepon gue memberitahukan nilai pajaknya ataupun dimana harus gue bayar pajak tersebut. Atau mungkin bisa juga mereka sudah pernah telepon namun saat itu gue sedang tidak ada di meja kantor. Yaaa sudah laaah …. gue udah rela kok uang 725 rb melayang dengan percuma. Lagian juga gak baik berpersangka buruk.

Titik Cerah

Berawal saat gue sedang menunggu mobil yang sedang di service di awal bulan Mei 2011, iseng-iseng gue mampir ke Customer Service kantor pos Tandean. Awalnya sekedar ingin tahu work-flow dari sebuah barang yang datang sampai dengan tiba di alamat pengiriman. Ahirnya gue cerita tentang pengalaman pemesanan gue tadi. Petugas Customer Service menyarankan gue untuk melacaknya mulai dari Kantor Pos Besar Jakarta Selatan di Jl. Fatmawati.

Setelah sedikit mengerti work-flownya, gue lebih suka untuk mulai pelacakan dari kantor Pos Besar Pasar Baru ketimbang Fatmawati mengingat semua barang yang tiba pasti akan diperiksa oleh petugas bea cukai di kantor Pasar Baru. Melalui petugas Customer Service yang ramah gue mendapatkan sebuah nama yang sangat mungkin bisa membantu gue mencari barang pesanan yang sudah 5 bulan tidak kunjung tiba 🙂

Nama petugas tadi (sebut saja pak X) bertugas pada bagian pencatatan semua barang-barang kiriman dari luar negeri yang masuk. Proses pencarian makin memberikan harapan karena pak X berkomitmen untuk membantu dengan memberikan gue setumpuk buka besar catatan semua barang yang masuk. Untuk memperkecil ruang pencarian gue hanya meminjam buku yang mencatat barang yang tiba sekitar tanggal 25 Januari 2011 s/d yang terahir.  Lucu juga sih, pencarian ini benar-benar manual dimana gue harus membolak balik halaman demi halaman mencari nama dan barang yang gue pesan. Melalui buku ini pula gue menemukan beberapa nama artis top Indonesia yang hobby pesan-pesan pakaian dari luar negeri kekekekekekeke.

Sesudah menamatkan 3 buah buku besar nama yang gue cari tidak juga ditemukan. Dari penjelasan seorang petugas lain ahirnya gue mengetahui ada 2 jenis tipe pengiriman barang dari luar negeri, yang pertama yang berupa bungkusan individu dan yang kedua berupa barang bungkusan rombongan. Mungkin ini tergatung dari tipe dan harga biaya pengiriman yang digunakan oleh si pemesan barang. Nah ahirnya gue dipinjami  2 buah buku besar lain karena menurut petugas tadi barang yang dikirim melalui Royal Mail masuk kategori barang bungkusan yang rombongan tadi. Capeeeee Deeeeee.

Sebetulnya proses di kantor pos ini bukannya 100% manual. Objektif dari proses pencarian yang gue lakukan tadi adalah jika sudah menemukan nama gue maka gue harus mencatat semacam nomer registrasi yang tertera atas barang pesanan gue tadi. Kemudian dengan nomer tersebut akan dicari melalui komputer posisi terahir dari barang gue tadi. Alhamdulillah barang yang gue cari memang benar sudah datang di Jakarta bahkan sudah sedari 3 bulan yang lalu hueheheheehe. Menurut data di komputer barang tersebut sekarang berada di kantor pos Fatmawati. Gue kemudian diberi secarcik keras bertuliskan kode lain yang bisa gue bawa kesana untuk memudahkan proses pencarian disana.

Titik Cerah Kembali Buram

Dari Pasar Baru gue langsung menuju kantor pos Fatmawati, namun gue gak berhasil menemui petugas yang menangani kiriman bungkusan karena yang bersangkutan sudah pulang. Doooooh sia-sia dech, mana sepanjang jalan menuju Fatmawati macet. Hari berikutnya saat jam makan siang gue bela-belain pergi ke Fatmawati lagi dan ahirnya gue berhasil menemui petugas yang dimaksud. Setelah memberikan kode yang gue dapat dari kantor pos Pasar baru, disini kembali gue harus membuka-buka beberapa buku untuk mencari keberadaan barang gue.

Baca Juga : Interesting Bikes Seen and Ridden During My Holiday

Gue ingat betul saat masih duduk di bangku SD di majalah Bobo ada cerita bergambar berjudul Deni Manusia Ikan dimana diceritakan proses yang panjang pencarian orang tuanya yang terpisah saat Deni masih bayi. Setiap nyaris bertemu selalu saja ada halangan. Kurang lebih seperti inilah proses pencarian barang pesanan gue ini. Hasil pencarian gue di Fatmawati hanya memberikan informasi bahwa barang gue ternyata sudah dikirim balik ke kantor pos Pasar Baru karena sudah melebihi masa tenggang selama 3 bulan di kantor pos Fatmawati. Petugas di Fatmawati tadi berjanji akan membantu meminta kembali barang tersebut ke Fatmawati dan berjanji pula akan menelepon gue jika barang benar-benar sudah tiba.

Ahir Perjuangan

Setelah hampir seminggu menunggu, ahirnya telepon dari petugas kantor pos Fatmawati datang juga memberitahukan bahwa barang sudah bisa diambil disana. Segera gue menyempatkan diri untuk pergi Fatmawati. Sesampai disana diberitahukan bahwa ada pajak import barang sebesar 101 rb-an yang harus gue bayar. Perincian biaya tersebut adalah sebagai berikut;

Toyal biaya termasuk asuransi dan pengiriman (CIF) = GBP 50.82 (nilai asli dari CRC yang equivalen dgn USD 78.25)

C = Cost (harga barang); I = Insurance dan F = Freight (ongkos kirim)

Exchange rate untuk menghitung pajak adalah 1 USD = Rp. 9060, Sehingga nilai CIF barang gue menjadi USD 79.93 (muter-muter kan???)

Nah Bea Masuk rumusnya itu adalah (CIF – USD 50) x tarif beas masuk (utk bahan garmen katanya sih 15%) =  (USD 79.93 – USD 50)  x 15% = USD 4.48 = Rp. 40,675

Nah kemudian harus bayar PPN yang rumusnya [(CIF – USD 50) + Bea Masuk] x 10% = (USD 29.93 + USD 4.48) x 10% = USD 3.44 = Rp. 31,184

Nah kemudian harus bayar juga PPh yang rumusnya [(CIF – USD 50) + Bea Masuk] x 7.5% = Rp. 23,388.

Jadi total bea masuk dan pajak-pajakan = 40,675 + 31,184 + 23,388 = Rp. 95,247

Tapi kalau ahirnya yang harus dibayar 101 ribuan gue gak begitu ingat uang apalagi yang gue bayarkan huehehehehehe.

Kapok

Menilik total uang yang harus gue keluarkan (termasuk di dalamnya uang taksi bolak-balik ke kantor pos) hampir lebih dari 900 rb-an (belum termasuk waktu yang dihabiskan untuk mengurusi ini semua) kok malah lebih mahal ya ketimbang jika membeli barang yang sama di forum sepeda di Indonesia  huehehehehehe.

Yang membuat jadi terkesan mahal karena bea masuk dan pajak-pajak tadi. Kasus teman gue dimana dia sama sekali tidak ditagih membuat gue berkesimpulan bahwa *mungkin* kena atau tidak pajak sangat bergantung dari proses scanning yang dilakukan petugas Bea Cukai di kantor pos Pasar Baru. Mungkin untuk kasus teman gue tadi petugasnya lagi ngantuk 🙂

87 thoughts on “Pesan Barang dari Luar Negeri, Sebuah Penyesalan

  1. Sungguh sangat menarik pengalaman abang, jadi mikir2 juga kalau mau beli barang online, kemarin mau beli iPhone 4 online yang iklannya murah2 jadi saya batalkan karena banyaknya pengalaman buruk, saya lebih milih beli cash aja dah hehe ..
    Yang jadi pertanyaan saya, kenapa barang abang tidak terkirim dan ngendon di kantor pos ? apa alasan mereka ?

  2. Thanks om Eddy sudah mampir kesini.
    Gue sih tetap berpikiran positif, mencoba menduga bahwa mungkin saja petugas kantor Pos sudah pernah mencoba menelpon nomer kantor namun mungkin pas gue gak ada ditempat.

  3. atau memang sengaja tidak ngabarin ?
    pengalaman saya bawa barang pindahan dari Jerman, juga bermasalah di bea cukai, peraturannya sih barang pindahan yang telah dilegalisir KBRI tidak kena pajak masuk, tetapi di kantor bea cukai mau dipajakin, saya protes .. mereka belagak tidak tahu, baru setelah saya tunjukan surat edaran deplu atau apa gitu baru diloloskan, sebelnya pakai sok belagak kalau itu dispensasi dan atas kebaikannya dan minta oleh2 !, untung sebelumnya saya sudah dapat info dari temen jadi sudah siap … hehe

  4. waaaaahhhhh… aku terlambat membaca post ini hiks..hiks..hiks..
    sudah terlanjur beli online dan katanya barang sedang dikirim…:(
    bakal kena ratusan ribu nih buat pajak doang…:(
    apalagi alamat di sby makin nggak jelas barangnya bakalan nyampe ato semakin nyasar hiks..

    1. Semoga kiriman barangnya cepat sampe om Novz.

      Untuk kasus gue diatas, kalau saat pesan barang gue pilih kurir dengan ongkos kirim yang lebih mahal semisal DHL, Fedex mungkin dapat memecahkan masalah barang nyasar karena biasanya mereka kasih fasilitas tracking. Sedangkan kalau masalah pajak bea masuk maka sebagai warga negara yang baik sepertinya kita memang sudah harus menyiapkan uang lebih untuk bayar pajak tsb.

      Inti tulisan ini sebetulnya bukan untuk menakut-nakuti rekan-rekan untuk belanja online dari luar negeri hehehehehe. Opsi utk pesan barang dari LN sepertinya opsi terahir jika barang tersebut memang benar-benar tidak ada yg jual di Indonesia.

      1. Malem bro/sis.. 🙂 maaf nih numpang rep di comment orang 😀 mau nanya dong sekali Gus minta sarannya.. Saya mau kirim 1 buah jam tangan ke filipina, kira² enaknya pake jasa apa ya? FedEx, DHL, pos indonesia, EMS atau dll.? Mohon bgt di jawab yah 🙂 soalnya ini baru pertama x mau kirim barang ke LN. Terimaksih ditunggu ya jawabannya. Selamat mlm 🙂

  5. Gue mengalami kejadian yang sama nih. kebetulan alamat pengiriman gue juga ada di Jaksel jadi gue mau cek ke Kantor pos Fatmawati. Boleh gak gue minta informasi soal nama orang yang bisa bantuin gue untuk cek barang gue. soalnya gue ga dikasih tau kalau barang gue dikirim tanpa no. resi jadi pas gue nelpon orang kantor posnya ga bisa nolongin. siapa tau kalau gue tau nama orang yang bisa nolongin gue bisa kesana dan langsung cek. mumpung belum lama kejadiannya.

    Thanks

    1. Wadooooh dah lupaa euy nama petugasnya. Pokoknya di kantor pos Fatmawati langsung masuk ke belakang gedung. Jadi sisi kanan gedung ada jalan menuju mesjid sekaligus arah menuju belakang kantor pos tsb. Tanya aja bagian kiriman parcel/barang.

  6. mewek gwe.. hiks… barang gw ga sampe2 pake Royal mail.. nanya sama orang kantor pos, malah suruh tulis nama +telp… masalahny kapan gw ditelp???????????????? padahal seller dari UK sudah ngabarin barang ke Indo sudah sampai sejak bulan yang lalu.. akankah barang gw sampe?? atao hanya penantian yg tak berujung…

    1. Hi Bro/Sist Chakra, Coba dibaca pelan-pelan tulisan diatas dech, semoga barangnya masih ada.
      Hints : step pertama datang ke customer service kantor pos pasar Baru ceritain masalahnya.

  7. @chakra: tenang prosedurnya emang gitu. Nanti pasti di telpon kok. Gue udah dapet bareng gue juga soalnya.

  8. Salam kenal.. Saya numpang tanya jg.. Tgl 18 Juli 2012 ini saya jg beli Dr CRC.. sampe skrg brg blm dtg.. Posisi saya di surabaya, saya inputkan jg no HP sampe skrg jg blm ada telp konfirmasi.. Semisal memang brg saya tdk dtg, menurut informasi dr bro nie, CRC bs mengganti, stepnya gmn & apakah pengiriman brg pengganti memakai royal mail ato yg lain..? Apakah brg ke Surabaya jg saya cek ke kantor pos pasar baru jg ya..?
    Mohon pencerahan.. Thanks

    1. Hi Rezha, iya CRC lumayan professional dan baik hati. Tapi waktu itu kebetulan gue gak meneruskan usaha proses replacement/refund karena udah keburu ada tanda-tanda barang hampir ketemu.

      Setpnya silahkan hubungi ajah via email ke Shipping@chainreactioncycles.com

      Kalau utk Surabaya Imo harus ceknya ke kantor Pos Besar Surabaya dech … Karena barang udah masuk Indonesia maka dari Pasar Baru pasti udah langsung dikirim kota tujuan.

  9. saya termasuk yang hobi belanja online, biasanya dari Amazon. Kalau belanjanya dibawah 50USD, buku2 dikirim sampai tujuan. Kadang kalau di atas 50 USD pun bisa dikirim, janjian dulu sama bapaknya. kalau ketahan, kemungkinannya mereka coba ngirim tapi gagal. Entah rumahnya gak ketemu, atau pegawainya aja yang kurang gigih.

    Ini di kantor juga lagi nyari surat, gak ketemu, statusnya dicoba kirim tapi gagal. Kali ini entah alasan apa lagi yang akan mereka gunakan.

    1. saya juga lagi pesen dari amazon, minta pencerahannya dong bang. soalnya kmaren seller nya bilang tgl 22 nyampe rumah, saya posisi di malang, tapi saya tunggu kok belom dateng, dan saya udah ngasi nomer hp tapi gk kunjung di tlfon ato di sms dikabarin. pengiriman lewat pos

  10. Saya sering juga beli barang online tetapi lewat ebay, sering mengambil di Kantor Pos Besar di Pasar Baru Jakarta, karena kalau lewat distribusi ke kantor pos Bekasi terlalu lama untuk tiba di kantor pos Cikarang di Lippo. Karena saya menggunakan APIT (Angka Pengenal Import Terbatas), maka saya kena PPH bea masuk 2.5%, kalau tanpa APIT kena 7.5%. Kalau pajak importnya sering kali main tembak 15%, alasannya tidak tercantum klasifikasi barangnya pada HS number. Makanya sering saya argumen dgn bea cukai untuk penetatapan bea masuknya.

  11. weleh, telat bacanya gw. sama persis pake royal mail … ikutan cara trackingnya deh. moga-moga ketemu

  12. sy mau tanya nih.,
    bbrp wktu lalu sy membeli brg dari luar negeri, dikirim dari filipina. setelh transaksi selesai, si pengirim pun mengirimkan tracking numbernya ke saya .lalu sy cek terus setiap hari.nah saya sudah memesan barangnya dan membyr nya 14 hari yang lalu , status brg saya sudah arrived at overseas country ID , nah tapi tertera pada tanggal 14 juni. saya khawatir skali pak, karena ini sudah jauh dari tanggal 14 hmpr 2 mggu,. sy bingung apa yg terjadi dg brg psnn sy itu, apakah terthn di bea cukai atau bagaimana, Bagaimana pak, Apa yang sebaiknya saya lakukan ?
    ngmg2 apa yg hrs sy lakukan untuk mengambil brg tsb ? brgnya harus diambil atau sampai dirumah sy ?
    Terimakasih . mohon dibalas

    1. Kalau dihitung sampai hari ini berarti sudah 10 hari kalender semenjak barang tiba di Indonesia.
      Afaik kalau barang yang dikirim itu bukan kategori barang terlarang, sangat kecil kemungkinan pihak Bea Cukai menahan barang tersebut.

      Apakah sudah coba melacaknya di kantor pos besar wilayah dimana mbak Tamara tinggal?

      Untuk kasus normal biasanya kita ditelp terlebih dahulu, jika ada bea yg harus dibayar biasanya sekaligus juga diinformasikan via telp. Sekali lagi itu untuk kasus yg normal lho ya 🙂

      Tetap semangat ya mbak Tamara …

  13. nah,,ini saya baru ngalamin,,,beli barang dari korea cmn 28rb (karena baru diskon gede) nyampe disini dapet surat cinta dari kantor pos suruh bayar 45rb untuk pengambilan barang,,,yg membuat bingung pengalaman yg lain yg beli barang ditempat yg sama ada yg langsung dikirim ke alamat tanpa ada biaya tambahan,,,ada juga yg kena 7rb, ada yg 10 rb,,,padahal barangnya sama nilainya bahkan ada yg lebih mahal,,lha kok bisa beda2 tuh gimana???hiks2,,,,ceritanya nyari diskonan malah justru ga jadi untung,,,jadi mikir2 lagi deh beli dari luar

    1. Betul mbak Renata, kalau kantor pos kita memang bikin bingung. Seperti yg mbak bilang dulu teman saya juga ada yg barang pesannya langsung dikirim ke rumah tanpa biaya apapun walaupun nilai pembeliannya lebih dari USD 50.

      Dalam kasus mbak Renata dan teman-temannya dugaan saya 45rb, 7rb, dan 10 rb itu semacam biaya administrasi saja. Biasanya tertulis tuh keteranganya pada kuitansi/struk pembayarannya.

    1. Macbook Pro retina display yg 13 inch itu harganya di UK berapa utk yg 256MB? Sekitar kira-kira USD 1700 kah? Plus ongkir + pajak masuk maka total harganya bisa melambung lagi 🙂

      Mendingan beli di Indonesia aja deh om …
      Di Jakarta bukannya udah banyak yang iklanin jual tipe tsb?
      Coba dech brosing ke forumnya macclubindonesia.com atau kalau mau yang pasti-pasti beli aja via http://store.apple.com/id/mac/family/macbook-pro

  14. hallo mas, saya galang salam kenal, mau tanya apakah dulu proxy nya itu pakai tracking number atau non-tracking number? saya juga kyknya sama nih dari inggris juga, tp bukan pakai royal mail, pakai DPD yang non-tracking number

      1. Dynamic parcel distribution om… belum pernah liat si dijakarta, makannya pengen tau, di indonesia diterusin kemana ?

      2. Sedang bermasalah ni ama Fe*ex
        Seenaknya nagih biaya macem2 admin charge, handling charge, bank charge, advance charge… gilingan…. hampir 500k hadeeehhh
        Paling bener mang pake EMS, agak lama, tp ga dibikin esmosi

  15. Klo mau beli barang diluar sy sarankan yg lewat akun paypal pembayarannya jd seumpama barang ga datng bisa kita komplain jd kemungkinan uang kembali tp nama kita diweb storenya di black list,pembelian barang lebih dari 50 USD akan kena bea cukai,tp klo dibawah itu kita cuma kena cas packing ulang Rp.7000 di kantor pos tp klo kirim via fedex barng cepat sampai dan aman dr bea cukai sy sering beli barang di online shop hongkong sampe sekarang ga ada masalah gan =-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥=D=-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲=D=-?H̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ε̲̣̣̣̥ε̲

  16. Salam kenal dari Surabaya Mas,mau nanya,saya beli barang di ebay dari Inggris ,T Shirt seharga GBP 16(include ongkir),kirim pakai Express Int Postage,kena pajak ? dan sampai kurang lebih berapa minggu?
    Terima Kasih.

  17. Pengalaman berbelanja diluar negri memang bukan yg pertama kali, karna sblmnya aman-aman saja dan barang datang dengan selamat.

    Namun belakangan ini, terhitung dari bulan mei-nov 2013 saya sendiri sudah kehilangan 5 item barang yg kalau ditotal nominalnya cukup lumayan…

    karena biasa berbelanja di eBay dan menggunakan opsi free shiping, barang yg dikirim tidak dilengkapi dengan trcking number sehingga tidak bisa di cek.

    Khusus barang dari china, melalui air mail bisa di cek di http://track-chinapost.com/track_chinapost.php dengan memasukkan tracking number, itupun sebatas kita tahu barang sudah keluar dari china…

    nah klo dah masuk Indonesia ceritanya udah gak tau spt gimana lagi, untuk barang yg sampai saat ini belum saya terima masih saya harapkan kedatangannya walaupun kecil kemungkinan akan sampai di tangan saya…

    Yg menjadi pertanyaan adalah, “kan barang dari china yg ga ada tracking number tuh bisa aja di tilep ama oknum pos/bea cukai” nah ini gimana yah menyikapinya?????

  18. setau saya walaupun free shipping, selalu ada tracking number nya.. kalau sudah dikirim namun hilang di Indonesia, maka bisa open case di eBay…

  19. Selamat malam, mau tanya kalo keterangan seperti ini “It’s on its way
    Your item, posted on 11/12/13 with reference RQ496941255GB has arrived in OFFICE UNKNOWN and is being processed for delivery.” Kelanjutannya bagaimana ya?
    Saya sudah email cs royal mail, katanya sudah sampai di Indonesia dr tgl 19 Des 2013. Saya call EMS pos indonesia tidak terdeteksi. Mohon pencerahannya. Trims 🙂

    1. Kalau mbak tinggal di Jakarta, lebih baik langsung ditanyakan/dicari di Kantor Pos Besar Pasar Baru atau kantor pos besar wilayah mbak tinggal jika mbak tinggal diluar Jakarta.

      Step-stepnya seperti yang sudah saya tulis pada artikel diatas.

      Happy Tracking …

  20. Mas, saya mau tanya..
    kl misalnya di hasil lacak kiriman pos tertera status barang saya sudah masuk ke EME (Airport Handling/pengerjaan Kiriman EMS yang masuk ke Bea Cukai), apakah artinya barang tersebut sudah pasti kena bea masuk y?padahal barang saya sebenarnya tidak melebihi $50..

    Terima Kasih

    1. Sejauh yg gue tahu kalau nilai barangnya dibawah USD 50 harusnya sih gak kena ya. Coba silahkan perhatikan bagian rumus perhitungan pajak pada artikel di atas dech 🙂

      Semoga kiriman barangnya segera sampai di rumah mbak Anggel

      1. ow..sebenarnya sih masih bingung sama hasil tracking nya..dari statusnya EME(airport handling) ke EMF nnt balik lagi EME(Processing document by Customs) dan sekarang EMF lg..
        lebih baik sabar menunggu aja kyknya==”

        terima kasih atas responnya..

  21. malam, saya mau tanya
    kalo misalnya status barang hasil lacakan kiriman pos “airport handling”, apakah barang tersebut pasti dikenakan bea masuk?

    Terima kasih

  22. haha, jadi keingetan pas waktu itu ubuntu nawarin free CD + biaya shipping, gw coba aja subscribe, waktu itu versi yg rilis masi 8.10, gile nunggu sebulan belom nyampe, dua bulan, terus udah deh pasrah gue lupain aja lagian gue pikir gratisan ini, dan tadaa, dua tahun kemudian gue nerima paket pos dari US, bingung karena perasaan ga pernah mesen barang, pas dibuka ternyata isinya CD ubuntu 8.10 bonus stiker unyu, dan versi ubuntu yg rilis waktu itu udah 10.10, dalem ati cuma bilang ini barang udah basi :p
    mungkin permasalahan utama emang ada di kantor pos..

  23. saya juga pernah beli gloves MTB online bukan di CRC tapi di JensonUSA seharga 13.99 plus ongkir 15an dolar..
    sampai yogya (saia tinggal di yogya) pas seminggu seperti yang dijanjikan, melalui UPS dan dikenai biaya 60.000…
    sudah itu saja..kayaknya saia lebih milih jensonUSA daripada CRC..CRC mahal karena pake DHL..
    tapi makasih buat perhitungannya sangat membantu..hehe..just share..

  24. Pengalaman gue beli barang dari luar negeri lancar2 aja tuh. Selama kiriman diambil di kantor pos, barang dari Inggris datang antara 5-8 hari via Royal Mail Airmail (khusus kiriman dari Inggris). Yang penting beli barang dalam jumlah tunggal.dan total harga plus bea kirim tidak lebih dari US$50.00. Tidak kena bea masuk. Paling dikenakan bea bongkar dan bungkus kembali paket utk pemeriksaan barang oleh Bea Cukai. Besarnya tidak lebih dari Rp.10.000,- untuk paket kecil.
    Permasalahan baru timbul bila kiriman lewat kurir swasta seperti DHL Express dan Fedex. Biasanya bea impor dll bisa melebihi nilai barang. Kecuali paket lewat DHL yang begitu sampai di Indonesia penanganannya diserahkan ke PT. Pos.

  25. Menurut pengalaman saya sih biasanya lamanya waktu proses pemeriksaan bea cukai di indo yg lama. Kadang paket sudah sampai di Indo tapi di bea cukai bisa tertahan sampai 2-3 minggu lamanya baru dikirimkan ke alamat kita.
    Saya sering belanja via alibaba dan ebay selama ini paket aman2 sampai di rumah. Untuk biaya pembelian dibawah 50 usd cuma bayar biaya packing 7000 saja.
    Nah penantian paket minggu2 ini agak lama karena adanya liburan idul fitrinya kiriman saya sudah mendekati 30 hari nih belum sampai semua.

  26. klo dah 36 hari sejak status Departure From Outward OE barang belum sampai apakah masih termasuk normal y agan n sista..??

    1. Kalau menurut testi teman-teman yang kasih komentar disini dan pengalaman pribadi sih kalau sudah 36 hari semenjak dikirim dari toko namun belum juga sampai ke alamat penerima termasuk tidak normal.

      Sangat mungkin barang kiriman sudah masuk Indonesia namun karena sesuatu hal tertahan di bea cukai ataupun kantor pos.
      Kalau mau coba-coba proaktif cek aja ke kantor pos besar wilayah mbak Nike tinggal .. Have a nice tracking 🙂

  27. Makasih untuk infonya, akhirnya saya dapet pencerahan jg atas paket saya dr USA yg sdh 2bln blm sampai. Uda bingung mau gimana lg, karena mmg paket saya itu dikirim tanpa tracking number. Kira2 kl sdh 2bln barangnya sdh sampai di kantor pos besar blm ya apa msh di bea cukai?. Karena paketnya dikirim pas menjelang bln puasa. kira2 sampai di Indo ya pas menjelang lebaran.

  28. dhl bisa cepet sih, tapi kalo dari china bisa mahal banget ongkirnya 😦
    ini juga lagi nunggu kiriman tgl 9 agustus kmrn, masih departure from outward OE terus

    anyways, thx for your post. it helps me a lot 🙂

  29. Terima kasih atas info yang dishare di posting ini. Saya juga baru belakangan ini mencoba membeli barang dari online store, ebay. Tepatnya tanggal 14 Agustus saya melakukan transaksi pembelian dari 3 seller yang berbeda dari Cina. Ketiga-tiganya menyatakan sudah mengirim keesokan harinya tanggal 15 Agustus dengan airmail tanpa tracking. Namun sampai saat ini baru 1 item yang tiba tanggal 12 September. Barang yg saya beli cm kalung dengan total harga 2-3 dollar, jadi harusnya bukan berupa paket gede dan tidak akan tertahan karena pajak. Apakah tipe kiriman seperti ini juga bisa dilacak sama seperti di posting di atas? Kalau mau cek di kantor pos fatmawati pergi ke bagian apa y agar dapat dilayani pelacakannya?
    Saya baru mencoba pergi ke kantor pos ciputat untuk menanyakan kiriman saya, saya disarankan untuk menanyakan ke petugas pengantaran kiriman pos karena mereka memproses kiriman langsung dari fatmawati. Apakah kalau karena satu dan lain hal barang sudah ada tapi tidak dapat diantarkan ke penerima, barang kiriman tersebut akan dipegang oleh petugas pengantaran bukan dikembalikan ke kantor pos?
    Maaf banyak bertanya. Terimkasih sebelumnya.

  30. saya jg bingung dg kiriman paket dr seremban malaysia yg menggunakan pos laju ke mempawah kalbar..kiriman dr tgl 24 oktober 2014 tapi kertas resinya hilang jd tidak bs cek melalui no resi.paket sampe skg msh belum diterima…apa mungkin kl tumbuhan kering khusus u/ obat msti kena bea cukai jg???dr kantor pos sendiri jg tidak ada kbr/telp.gimana solusinya u/cek keberadaan paketnya sekarang…thx infonya.

  31. Hahahahaha…… kocak ceritanya….. suka gaya bahasanya anak muda banget…… bagus pengalamannya…… thank infonya brow…….

  32. Saya belanja di Amazon beberapa minggu yang lalu pakai gift card. Beli Remo RT0008-00 8 inch practice pad, yang kebetulan emang ga ada yang jual di Indonesia, seharga USD$19.38. Ditambah shipping cost (regular shipment), dll akhirnya harus bayar USD$44.25. Estimated delivery time dari Amazon tanggal 20 Februari 2015 jam 8:00 PM.

    Beberapa kali saya cek tracking number sih ok aja (carrier-nya i-parcel) dan berhasil sampai di Indonesia tanggal 13 Februari. Tapi pas saya cek lagi tanggal 19 Februari, tertulis “On The Way : Delayed”. Dan keterangan di tracking detailnya pada tanggal 13 Februari – “Your order has been forwarded to a different delivery address”. Waah ya jelas bingung lah soalnya saya ga pernah kasih alamat pengiriman yang lain.

    Akhirnya langsung saya coba kirim email ke customer service. Niatnya sih cuma pingin tahu, apa yang terjadi sih sama barang pesanan saya?
    Selang 1 jam dapat balasan dari CS yang isinya dia udah review pesanan saya dan minta maaf karena ternyata itu barang “got lost on delivery”….hedeuh. Dia juga menawarkan apakah saya mau replacement dengan upgraded shipment atau refund. Saya pilih replacement. Beberapa menit kemudian saya dapat balasan lagi dari CS Amazon kalau replacement sudah disiapkan dan saya diminta untuk cek akun saya. Ternyata benar! Dan kali ini mereka kirim pakai jasa UPS, estimated delivery time tanggal 25 Februari. Seneng banget dapat fast response kayak gitu.

    Tanggal 20 Februari saya buka lagi order page saya. Di order yang sebelumnya (yang katanya delayed) tertulis “We are expecting your return. Your replacement has been sent.” . Terus ada keterangan cara return beserta label yang harus saya print. Waktu itu saya pikir, gimana mau balikin orang diterima aja ga.

    Hari ini tanggal 21 Februari, kira-kira 1 jam yang lalu pintu rumah diketok pak pos yang mengantarkan barang pesanan saya dari Amazon. Pesanan awal yang katanya delayed and got lost!

    Terus kalau nanti barang replacement-nya datang juga (berdasarkan tracking number udah di Korea) dan saya ga balikin salah satunya gimana ya? hahahaha

  33. Jangan khawatir, Bro. Lapor aja ke amazon. Paling dijawab: keep it as a sign of amazon’s good ….. bla bla bla…..
    Ongkos balikin ke amazon lbh tinggi dari harga barangnya. Apalagi ada pernyataan sebelumnya bhw barang dianggap hilang. Kemungkinan kecil diminta dikembalikan. Kalau sampai diminta dikembalikan, kirim balik saja paket yg dikirim lewat UPS. Karena anda akan dikenakan biaya macam2 sama UPS. Anda tolak barang itu dan bilang ke UPS: “dah, kembaliin saja ke pengirim. Gue kagak mau bayar biaya2 siluman itu” Pasti anda tidak akan diminta bea kirim balik. Dan anda laporkan ke amazon bahwa anda sudah minta ke UPS utk mengembalikan barang itu ke amazon. Selesai. Ha ha ha….

    Itu pengalaman saya dulu waktu masih sering beli di amazon.

  34. Numpang nanya nih, saya juga mengalami kejadian mirip nih kirim barang dari temen sejak November dan ga ada kabar sampe sekarang, berhunung rumah saya jauh dari fatmawati, kalo via telepon kira2 bisa ga ya untuk minta konfirmasi barangnya sudah sampai apa belum?

    thanks

  35. Saya ingin tanya.
    Saya pesan produk barang dari USA pada tgl 27 march 2015. Setelah pemesanan saya selesai,saya dapat pemberi tahuan bawah ada penarikan di kartu kredit saya. Saya dapat nomor tracking, sertiap hari saya selalu mengchack status barang saya. Namun ini sudah 31 hari sejak pemesanan saya,tapi status barang saya masih “in transit” last location “United States” dan activity tidak pernah berubah,masih”Edgewood, NY, United States 04/06/2015 9:39 P.M. Package processed by UPS Mail Innovations origin facility” saya takut barang saya not moving yet. Saya sudah mencoba send email ke Ups csv tapi mereka menyuruh saya untuk bertanyak ke pihak shipper dan itu membuat saya bingung karna di web Ups untuk shipper saya tidak bisa mengkontek siapapun. Saya ingin meminta saran apa yang harus saya lakukan sekarang?? Terimakasih

  36. Hi.. baru nemu nih forum ginian disaat sudsh terlanjur belanja online via ebay krn tergiur harga “miring”. Mohon pencerahannya juga dari para sesepuh yg hobby belanja online. Saya beli gelang asesories berbahan perak senilai lebih dari usd 50.. dari Inggris menggunakan 1st class royal mail yg seharusnya dijadwalkan tiba di Indonesia Seminggu yang lalu. Dispatch statusnya lom berubah: delivery info received.
    Action apa yg harus saya lakukan?apa diam menunggu barang datang?email royal mail?atau sudah mulai menanyakannya ke kantor pos besar?kl daerah tangsel harus cek ke fatmawati juga atau cek ke pos besar di tangsel?apa ada kemungkinan barang tertahan krn berbahan dasar perak?mohon pencerahannya untuk junior yang NEKAT dan kapok belanja online heheh kl liat testimoni sebelumnya lebih ngeri yah, barang bisa sampai berbulan2 :,( sampai harus “legowo” kalo barang “hilang”.thanks all

    1. Coba telepon dan cek dulu ke kantor pos pasar baru. Beri tahukan tracking numbernya ke petugas kantor pos. Jika ada, anda juga akan diberitahukan biaya tambahan dan syarat2 tambahan yang harus dilengkapi.

  37. Ada yg tau ini tracking number untuk jenis pengiriman apa 005555180609.
    Saya beli barang dari China katanya cek di http://www.faspeed.com tp ga da.
    Dikasih tracking number baru 44014329746, saya cek di faspeed.com katanya sdh sampai di negara tujuan tapi smpai skrg barang belum sampai jg.
    Tolong bantu saya barang sdh sampai mana n melalui pengiriman apa ya !!

  38. Ikutan share pengalaman belanja online. Saya sering belanja Online melalui ebay dan online store lainnya, sampai sekarang tidak ada masalah sedikitpun. Sebagai tambahan informasi, saat berbelanja dicantumkan alamat yang jelas, sejelas2nya, dan juga cantumkan nomor telepon rumah dan nomor handphone. Jika perlu, cantumkan juga patokan yang dekat dengan rumah, misalkan : sebelah Mesjid Al – Ihklas atau dekat SDN 05.

    Masalah yang sering terjadi justru berada di Kantor Pos Indonesia, bukannya menjelekan kantor pos kita, tapi memang begitu keadaannya. Sampai ada beberapa toko online di luar negeri tidak mau melayani pengiriman ke Indonesia dan jika ada pun dikenakan biaya asuransi yang lumayan mahal.

    Semoga bermanfaat.

  39. Pengalaman gue beda lagi. Kiriman dari luar negeri lewat kantor pos Indonesia paling nyaman dan paling murah. Memang lebih lama dibanding kurir swasta seperti DHL, UPS dan sejenisnya. Tapi itu hanya untuk kiriman standard. Untuk EMS tak kalah cepat dengan kurir swasta. Dengan EMS, paling lama seminggu barang sudah diterima.Bedanya, lewat kantor pos biaya yang harus dibayar relatif paling murah. Yang penting barang dari luar negeri tidak dilarang masuk ke Indonesia.
    Untuk kiriman senilai total US$50.00 (harga barang + ongkos kirim) tidak dikenakan bea masuk, cuma ongkos bongkar dan bungkus ulang paket, tidak lebih dari Rp.10.000,-. Bandingkan dengan kiriman lewat DHL sebesar US$40.00, saya dikenakan biaya Rp.800.000,- lebih, itupun masih diancam gaya preman petugas DHL kalau tidak dibayar barang tidak akan diserahkan. Bener2 kurir klas kacangan. Sejak itu gue kapok kirim lewat DHL. Bila penjual hanya menyediakan kurir DHL, saya batal beli barang dia. Untuk kurir swasta, saya memilih UPS karena biaya yang harus dibayar jelas dan tidak semahal DHL
    Selama ini tidak ada keberatan dari seller kirim ke Indonesia. Memang ada sih penjual yang tidak mau kirim ke Indonesia. Tapi itu akibat ketidak tahuan penjual saja dan pengalaman buruk mereka dengan orang2 dari negeri kita. Gue pernah gagal beli barang dari Inggris gara2 dia punya pengalaman buruk membeli barang dari Indonesia. Dia sudah bayar sejumlah besar uang (nilainya di atas Rp.100 juta) dan barang tidak dikirim. Akibatnya dia tidak mau berhubungan lagi dengan orang2 dari negeri kita. Padahal saya cuma mau beli barang dia yang sebetulnya tidak ada masalah. Uang dia terima, barang baru dikirim. Selesai. Tapi rupanya seller bener2 cegek. Apa boleh buat.

    Akhir2 ini kiriman dari luar negeri lewat kantor pos sering mengalami keterlambatan. Karena volume barang dari luar negeri lewat kantor pos mengalami lonjakan yang signifikan. Aneh juga, karena nilai tukar mata uang kita makin merosot, tapi volume pembelian barang dari luar negeri justru meningkat tajam. Barang yang biasanya sampai dalam waktu seminggu bisa molor sampai dua minggu, kecuali EMS. Tapi tetap sampai dan belum pernah hilang.Saya tetap setia menggunakan jasa kantor pos untuk kiriman dari luar negeri.

  40. Hello,
    Kisahnya bagus, padahal saya cuma lg cari2 info yg lain, nyasar kesini trus malah penasaran baca ampe selesai hehehehe…

    Mo sharing aja ttg belanja dr luar negeri, kebetulan saya lg sering beli dr ebay & aliexpress, kebetulan selalu beli yg made in china & sellernya juga dr sana. belinya bukan barang2 mahal siy, tp klo dibanding barang serupa yg dijual di seller negara sendiri jd lebih.
    mahal.
    Alhamdulillah blm sampe kena kasus aneh2, krn selalu milih Free Shipping dan harganya dibawah 50 usd jd untuk biaya kirim cuma kena 3000 rupiah untuk tiap barang yg dtg diantar oleh pos. Kurang tau sih itu biaya apa, selama ini bayar aja.
    Kekurangannya klo pake Free Shipping pasti lamaaaaa… Biasanya kira2 3 minggu br sampe ke tangan saya. Tapi karena bukan barang mahal dan ga terlalu penting juga jd ga masalah sih.. Kalau elektronik or mahal2 masi takut saya, takut kena tipu or masalah2 shipping kaya gini. 😊

  41. Pedoman saya sih kalau barang mahal lebih baik jangan beli dari luar. Soalnya negara kita ini sistim pos nya masih kuno. Belum lagi ketemu kelalaian. Banyak situs yg tadinya bisa kirim ke Indo pada akhirnya menutup jalur kirim ke Indonesia karena banyak kasus barang hilang atau tidak sampe.

  42. hallo, saya juga baru memesan barang online dr luar negri yaitu biotrim labs. saya memesan cambogia yg lagi hitz sekarng buat melangsingkan. tetapi satu bulan pun belum kunjung datang barang nya. sampai tagihan di kartu kreditpun udah tertagih. saya track dari pengiriman asenda bahwa barang sudah tiba di indonesia dari tgk 9 sept ini. tetapi saya cek di kantor pos nomor tracking tidak ada. apakah penipuan atau memang tidak bisa cek lewat kode tracking, atau harus datang langsung ke kantor pos ya? mohon info nya ya. terimakasih

  43. Saya juga beli online via biotrim dari awal bulan september dan tagihan kartu kredit sudah keluar dan dibayarkan.. Namun barang tak kunjung datang.. Dan akhirnya datanglah surat dari bea cukai yg blg ga boleh krn ga ada bpom bla bla bla.. Sy bingung harus gimana? Ada yg punya pengalaman yang sama?

  44. mas mau tanya. kalo andaikan saya beli laptop dari UK harganya + VAT jd £ 379.00. itu kirim di sby kena bea cukai gak yah mas? kalo kena kira-kira perhitungannya bagaimana yah? terima kasih.

  45. selamat sore,
    berdasarkan posting2 di atas jadi beneran kah kalo belanja dibawah $50 tidak ada lagi biaya tambahan dalam bentuk bea cukai atau apapun?

    pengen kejelasan aja sebelum belanja…
    terima kasih.

  46. permisi mau tanya dong. ini kan aku dapat kiriman dari paman aku di Inggris itu iphone. di kirimnya lewat DHL katanya dan ngga ada tracking check nya. itu di kirim tanggal 21 december kemarin. kata paman aku itu cuman butuh waktu 12 hari kan ini sampain 17 hari belum sampai. kira* aku ngeceknya dimana ya? soalnya aku tinggal di jawa timur. check nya di jakarta apa di surabaya ya? mohon bantuannya 😥 bukannya apa tapi soalnya ini handphone yang dikirim jadi takut ada apa* . maksih ^^

  47. gunakan viabox yang lebih murah dan efisien.
    percuma box snapshot
    percuma pembungkusan semula
    dan pelanggan boleh melihat gambar barangan mereka sebelum dipos.
    viabox juga membolehkan pelanggan mendapatkan respon seawal 1jam dr customer servis

  48. maaf gan ane turut prihatin juga. Setau ane klo paket dari luar masuk indonesia kalo nilainya lebih besar dari USD 50 maka dikenakan pajak (perinciannya kurang paham), kalo dibawah itu kurang paham.

    Saya juga order buku (di kampusbook.com) dikirim sama amazon dari UK (jasa Royal Mail) ke Indonesia dengan jenis pengiriman standard international shipping (estimasi 12 hari kerja) dengan rincian biaya:

    Sub Total : Rp.438.000
    Ongkos Kirim Amazon : Rp.165.000
    GRAND TOTAL : Rp.603.000

    Nah karena nilai paketnya kurang dari 50 USD, harusnya ga kena pajak (walaupun tetep diperiksa/dibongkar untuk diperiksa is dan nilainya di pajak & bea cukai indonesia). Dikirim 14 Okt perkiraan sampai 26 Okt, tp sampe sekarang 26 Okt blum nyampe juga. Ya semoga aja se sampe tujuan dengan cepat, selamat dan ga kena pajak.

  49. sumpah pengalamannya sama kayak saya.. paket saya juga berbulan2 gak sampe… sepertinya sebelum saya menyerah saya harus datengin kantor pos besar deh.. btw kantor pos besarnya di fatmawati aja atau ada di depok ya? karena kawan saya kirim paket dari aussie ke alamat di depok… ada yang bisa jawab?

  50. berbagi sedikit pengalaman, gua pernah pake jasa viabox buat kirim barang ke luar, respon ok banget dan super cepet, barang sampai tujuan dengan selamat

  51. hai hai,
    aku pakai jasa viabox juga
    menurutku servis mereka sangat baik
    100% free. bebas biaya daftar, bebas biaya pemrosesan, dan tidak ada hiden cost.
    waktu pemrosesannya cepet banget, dan barangku sampe tujuan dengan baik

    1. Caranya kita pakai alamat mereka dulu ya ? lalu mereka baru kirim ke kita di indonesia ? gimana caranya kasih tau mereka kalau kita sudah belanja ?

  52. Halo mas , saya lagi puyeng barang saya beli belum sampai2 juga dari amazon.com. mereka kirimnya pakai i parcel UPS, apakah ini akan masuk Kantor Pos Indonesia juga ??

  53. Memang tidak selamanya barang luar negeri lebih murah saat beli piece per piece, apa lagi ditambah dengan biaya pengiriman. Kalau saya pengiriman gratis jadi bisa menahan harga. waktu pengiriman normalnya 1 bulan.

Leave a reply to Fabian Cancel reply